Tim asesor BAN-PT saat mengunjungi Fakultas Teknik (FT), Senin (3/4) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Tim asesor BAN-PT saat mengunjungi Fakultas Teknik (FT), Senin (3/4) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Tim asesor BAN-PT saat mengunjungi Fakultas Teknik (FT), Senin (3/4) – (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM РPenilaian terhadap Universitas Negeri Makassar (UNM) saat adanya visitasi akreditasi perguruan tinggi oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dinilai tidak efektif.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNM, Mudabbir saat dihubungi, Senin (3/4). Ia mengatakan, UNM sudah sepatutunya diberi penilaian secara menyeruh dari berbagai aspek dan  berkunjung di semua tempat.

Pasalnya, dalam visitasi kali ini, terdapat tujuh fakultas yang tidak mendapat kunjungan dari tim asesor BAN-PT. Diantaranya, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas
Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Fakultas Seni dan Desain (FSD).

“Harusnya dikunjungi semua sehingga penilaian lebih efektif,” tuturnya.

Lanjut, mahasiswa angkatan 2013 ini menuturkan, tim asesor semestinya melakukan kunjungan di semua tempat agar dapat melihat kondisi kampus yang ada. Bukan hanya mengunjungi beberapa lokasi saja yang sudah ditentukan sebelumnya.

“Visitator bisa menemukan realitas yang sebenarnya sehingga penilaian lebih efektif,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I), Muharram menjelaskan, penentuan untuk lokasi visitasi merupakan hak dari tim asesor. Namun, ia mengaku bahwa semua fakultas dan tempat yang ada telah siap untuk dinilai.

“Yang tentukan ini tim asesornya,” jelas Guru Besar Kimia Organik ini. (*)


*Reporter: Karmila