Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) saat mengunjungi lab. otomotif Fakultas Teknik (FT) UNM, Senin (3/4) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) saat mengunjungi lab. otomotif Fakultas Teknik (FT) UNM, Senin (3/4) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) saat mengunjungi lab. otomotif Fakultas Teknik (FT) UNM, Senin (3/4) – (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak tujuh fakultas Universitas Negeri┬áMakassar (UNM) tidak mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Diantaranya, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Psikologi (FPsi), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Fakultas Seni dan Desain (FSD). Sementara itu, BAN-PT hanya mengunjungi Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Program Pascasarjana (PPs), UPT Perpustakaan, Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, dan ICT Centre.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) UNM, Muharram mengungkapkan, fakultas yang dikunjungi tersebut merupakan fakultas pilihan yang memiliki sejumlah sarana dan prasarana yang perlu dinilai. Salah satunya, memiliki laboratorium dan memiliki karya yang bisa langsung dilihat.

“Kalau visit, yah sarana dan prasana cuma itu. Yang punya laboratorium, “ungkapnya saat ditemui di mobilnya, Senin (3/4).

Lanjut, ia mengatakan, meski sarana dan prasarana menjadi prioritas utama dari BAN-PT. Namun, kualifikasi dosen, mahasiswa dan alumni UNM tak luput dari penilaian. Masing-masing dari mereka pun diwawancarai oleh tim visitasi terkait perkembangan kampus.

“Dia diwawancarai, jadi alumni dan mahassiwa itu ada di lantai 14. Kalau dosen dan pengguna itu di lantai 6,” tuturnya. (*)


*Reporter: Muh. Agung Eka S