Tim asesor BAN-PT saat mengunjungi laboratorium Jurusan Biologi FMIPA UNM, Senin (3/4) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Tim asesor BAN-PT saat mengunjungi laboratorium Jurusan Biologi FMIPA UNM, Senin (3/4) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Tim asesor BAN-PT saat mengunjungi laboratorium Jurusan Biologi FMIPA UNM, Senin (3/4) – (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)
PROFESI-UNM.COM – Pihak program studi (prodi) diminta untuk membenahi fasilitas bukan untuk sekadar penunjang akreditasi. Hal tersebut diungkapkan oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muharram saat ditemui Senin (3/4) ini.
“Itu kan idealnya. Mestinya itu tidak melakukan perbaikan karena mau divisitas, tapi melakukan perbaikan karena memang kebutuhan. Di situ kekurangannya,” ujarnya.
Ia mengakui, kecenderungan pihak prodi baru melakukan pembenahan saat akan melakukan reakreditas. “Melakukan sesuatu karena memang mau baik, bukan karena mau dinilai, mau diakreditasi,” pesannya.
Mantan Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD I) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM ini mencontohkan akreditasi sejumlah prodi di FMIPA. “Di MIPA kan tidak begitu, selalu baik. Itulah yang mau diaplikasikan untuk prodi di fakultas lain juga,” bebernya.
Kendati demikian, Muharram mengakui masih perlu proses panjang agar dapat diterapkan ke fakultas lain. “Ya kan ada banyak juga, tidak bisa langsung jadi,” jelasnya. (*)


*Reporter: Awal Hidayat