Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Birokrat Universitas Negeri Makassar (UNM) tengah menggadang-gadang pendirian sejumlah fakultas baru. Rencananya, sembilan fakultas yang ada saat ini akan bertambah menjadi tiga belas fakultas.

Kelima fakultas yang hendak dibentuk di antaranya, Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) yang akan naik kelas menjadi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP). Prodi PTP saat ini berada dalam naungan Fakultas Teknik (FT). Jika tidak ada aral melintang, pembentukan fakultas direncanakan akan rampung pada tahun 2018. Segala perangkat dokumen dan proposal syarat pendirian fakultas tengah dikebut oleh Ketua Prodi PTP, Andi Sukaenah bersama Guru Besar Perikanan, Patang.

Tak hanya itu, isu pembentukan Fakultas Ilmu Administrasi pun kian berhembus. Rencana ini terus bergulir sejak pertama kali digagas oleh Guru Besar Ilmu Administrasi, Haedar Akib pada 2014 lalu. Saat ini, terdapattigaprodi dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS), yakni Ilmu Administrasi Negara, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Ilmu Administrasi Bisnis yang akan menjadi bagian Fakultas Ilmu Administrasi nantinya.

Pengajuan pembentukan fakultas juga masih datang darI para elit Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Dipelopori oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD I) FIS, Firman Umar yang menginginkan adanya Fakultas Hukum (FH) di kampus eks IKIP Ujungpandang ini. Hingga kini proposal pembentukannya pun masih dalam proses.

Terakhir, kampus LPTK ini juga kembali tak hanya berfokus pada disiplin ilmu kependidikan. Eks Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Hamzah Upu mengusulkan pembentukan Fakultas Kedokteran.

Menanggapi pendirian sejumlah fakultas, Rektor UNM, Husain Syam membenarkan hal tersebut. Hanya saja, menurutnya hingga kini belum ada satu pun proposal yang diusulkan ke Kemristekdikiti. Hal itu lantaran pihak kampus masih perlu melengkapi sejumlah dokumen dan syarat yang harus dipenuhi.

“Betul ada penambahan fakultas bahkan ada beberapa sudah akan selesai proposalnya. Seperti Fakultas Teknologi Pertaniansaya usahakan tahun 2018 dibuka. Selain itu juga Fakultas Ilmu Administrasi dan Fakultas Hukum,”katanya saat ditemuireporter Profesi, Rabu (8/3).

Tidak hanya itu, Guru Besar Teknik Pertanian ini juga merencanakan akan membangun Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Kedokteran. (*)


*Tulisan ini terbit di Tabloid Profesi edisi 211

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0