Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM - (Foto: Int)
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM - (Foto: Int)
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM – (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Setelah berdiri selama 52 tahun dibawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujungpandang sejak 1965 lalu, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS)  hingga saat ini masih kekurangan dosen tetap.

Dilansir dari website pls.unm.ac.id, tercatat sebanyak 16 dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, tujuh diantaranya dosen tetap.

Dekan FIP, Abdullah Sinring menuturkan kekurangan pengajar tetap di lingkup Jurusan Pendidikan Luar Sekolah akan mengganggu proses belajar. Terlebih lagi, dua diantara tujuh dosen tetap jurusan ini akan memasuki masa pensiun.

“Untuk saat ini tinggal tujuh dosen tetap dan dalam waktu dekat ini ada dua yang pensiun, jadi sisa lima. Kita upayakan secepatnya ada penggantinya,” jelasnya saat memberi sambutan dalam acara Silaturahmi Akbar Komunitas PLS di Ballroom Pinisi UNM (26/3).

Lanjut, ia manambahkan, setiap tahunnya Jurusan PLS membuka penerimaan dosen, namun belum ada yang lolos seleksi melalui tes online maupun tes kompetensi bidang. Menurutnya, cara yang paling efektif adalah membuka penerimaan dosen bagi alumni PLS.

“Jadi salah satu cara yang harus dilakukan yaitu menemukan alumni PLS yang bisa menjadi dosen tetap,” tambah dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling ini. (*)


*Reporter: Dasrin