Mahasiswa Program Studi (Prodi) Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) saat menciptakan karya pajangan yang terbuat dari logam - (Foto: Nurul Atika - Profesi)
Mahasiswa Program Studi (Prodi) Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) saat menciptakan karya pajangan yang terbuat dari logam - (Foto: Nurul Atika - Profesi)
Mahasiswa Program Studi (Prodi) Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) saat menciptakan karya pajangan yang terbuat dari logam – (Foto: Nurul Atika – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Rupa Fakultas Seni dan DesainĀ (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) menciptakan karya pajangan yang terbuat dari logam. Hal ini dilakukan sebagai tugas dari mata kuliah Seni Grafis III (krialogam) yang diberikan dosen.

Salah satu mahasiswa, Arif menjelaskan, untuk membuat pajangan tersebut terbilang sulit. Pasalnya, harus menemukan bahan logam terlebih dahulu dan ini tidak mudah didapat.

“Gitar logam ini sekitar dua hari saya rangkai, untuk cari bahannya agak susah butuh seminggu untuk mencari, dan setelah saya dapat semua bahannya, saya bersihkan dan cat biar kelihatan lebih baru,” ujarnya.

Mahasiswa angkatan 2014 ini menambahkan, gitar yang dibuatnya dapat dipakai bermusik. Namun, karena kurang lengkapnya bahan yang tersedia sehingga hanya dapat dipamerkan.

“Sebenarnya gitar ini bisa dipakai sebagai gitar akustik, cuma bahan dan alatnya belum lengkap apalagi karya ini hanya melihat sisi objeknya saja, belum pada fungsinya,” lanjutnya.

Ia juga menuturkan, inspirasi membuat gitar ini didapatnya dari model di luar negeri. Dengan sedikit modifikasi, ia ingin menunjukkan seni yang berbeda.

“Karya ini saya buat karena saya terinspirasi dari jenis-jenis gitar luar negeri, cuma saya buat agak sedikit berbeda, dan bisa jadi pajangan yang memiliki nilai seni yang tinggi,” tutupnya. (*)


*Reporter: Nurul Atika