Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa - (Foto: Int)
Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa – (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Menjadi mahasiswa tentu memiliki banyak kebutuhan. Keperluan digunakan untuk menunjang belajar dan terlebih lagi untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dianggap mahal. Uang saku dan pemenuhan kebutuhan dari orang tua pun masih kurang.

Dengan kondisi tersebut, tak jarang mahasiswa khusus di Universitas Negeri Makassar (UNM) mencari alternatif pekerjaan sampingan untuk membantu meringankan beban orang tua. Dilansir dari magforwomen pada 9 Januari lalu, terdapat tujuh pilihan pekerjaan yang dianggap cocok bagi mahasiswa.

1. Jasa Mengasuh Anak atau Penitipan Bayi
Jika kamu merupakan seseorang yang menyukai anak-anak, pekerjaan ini bisa menjadi pilihan. Dapat bergabung di sebuah kiddy care atau membuka jasa penitipan anak secara independen. Pastikan dapat bertanggung jawab secara penuh.

2. Pekerja Lepas
Pekerja lepas atau biasa disebut freelance bisa menjadi pilihan yang baik. Tidak terikat pada waktu kerja yang khusus. Hanya perlu mengerjakannya jika ada pesanan yang datang. Pekerjaan lepas seperti, penulis lepas, fotografer, pengembang web atau seniman digital.

3. Bekerja di Sebuah Restoran
Yang satu ini sangat banyak dianut oleh para mahasiswa, terutama mahasiswa yang menuntut ilmu di negeri orang. Menjadi pelayan di sebuah restoran banyak dipilih karena jam kerja yang lebih bisa disesuaikan dengan kegiatan kita. Biasanya, saat akhir pekan pekerjaan ini sangat dibutuhkan.

4. Mengajar
Mengajar menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dianut oleh mahasiswa. Mereka biasanya menjadi tenaga pengajar di lembaga bimbingan belajar atau memberikan les bagi anak-anak sekolah dasar.

5. Membantu di Perpustakaan Kampus
Biasanya, perpustakaan sebuah kampus membutuhkan tenaga part time untuk membantu pekerjaan-pekerjaan di perpustakaan. Hal ini menjadi nilai tambah karena kamu tidak perlu pergi ke tempat lain yang cukup jauh untuk bekerja. Hanya perlu mengunjungi perpustakaan kampus setiap hari selama jam kerja kamu.

6. Magang Berbayar
Kamu dapat mencoba melamar kerja magang yang sesuai dengan jurusan perkuliahan mu. Pastikan memiliki cukup waktu untuk berkomitmen di tempat kerja magang kamu.

7. Karyawan Ritel
Menjadi karyawan ritel bisa jadi sebuah pilihan. Dapat bekerja paruh waktu di sebuah toko atau pusat perbelanjaan. Biasanya, bayaran karyawan ritel dihitung per jam kerja. (*)


*Muh. Agung Eka S