Laman resmi pendaftaran beasiswa LPDP. (Foto: ist)
Laman resmi pendaftaran beasiswa LPDP. (Foto: ist)
PROFESI-UNM.COM – Bagi alumni yang hendak mengikuti proses seleksi beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) 2017, akhirnya tak lagi hanya bisa berpangku tangan. Pasalnya, pendaftaran beasiswa yang dikelola di bawah naungan Kementerian Keuangan RI tersebut telah resmi dibuka.
Pendaftaran beasiswa tersebut dapat dilakukan melalui laman resmi beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id. Calon pendaftar diwajibkan membuat akun pada laman tersebut dengan mengisi form identitas akun, identitas pribadi, dan pendidikan terakhir.
Negara bakal mengelola Rp22,5 triliun dana untuk beasiswa di LPDP tahun ini. Angka tersebut naik Rp2,5 triliun dari tahun lalu. Namun, informasi kebijakan dan jadwal seleksi belum dicantumkan pada laman tersebut karena masih dalam proses pembaruan laman.
Tahun lalu, pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) LPDP untuk Program Magister dan Doktoral dibuka sepanjang tahun. Proses seleksi dilakukan sebanyak empat kali. Pendaftaran BPI dilaksanakan secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan mengunggah semua dokumen kelengkapannya pada laman resmi LPDP. Adapun tahapan seleksi beasiswa BPI LPDP ialah pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi wawancara, leaderless group discussion (LGD), on the spot essay writing, dan penetapan penerima beasiswa.
[divider][/divider]
*Reporter: Awal Hidayat