Fakultas Psikologi UNM. (Foto: Dok.Profesi)
Fakultas Psikologi UNM. (Foto: Dok.Profesi)
Fakultas Psikologi UNM. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dekan Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Jufri menargetkan pembukaan Program Magister Profesi Psikologi tahun ini. Namun niat tersebut masih terkendala persyaratan membuka program studi magister profesi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Muhammad Jufri saat ditemui di ruangannya, Selasa (31/1) sore. “Kita masih terbatas di ketersediaan tenaga dosen,” ujarnya.

Guru Besar Bidang Psikologi Industri dan Organisasi ini menjelaskan, syarat yang harus dipenuhi untuk membuka Program Studi Profesi Psikologi ialah tersedianya tiga dosen dengan kualifikasi doktor sekaligus psikolog pada kajian tertentu. “Kita punya banyak doktor, tetapi dengan bidang kajian psikologi yang berbeda-beda,” bebernya.

Pihak fakultas pun berencana akan membuka Program Profesi Psikologi Industri dan Organisasi karena kajian tersebutlah yang paling mendekati persyaratan. “Di Psikologi UNM, baru ada dua doktor. Kita masih menunggu dua kandidat doktor lagi yang sementara menyusun disertasi,” jelasnya.

Ia pun merasa optimistis apabila kedua kandidat doktor tersebut menyelesaikan studinya, Program Magister Profesi Psikologi dan Industri akan dapat diselenggarakan. Lebih lanjut, ia juga menuturkan telah memenuhi sejumlah persyaratan lain, seperti kerja sama dengan beberapa industri dan organisasi pemerintahan. “Kalau untuk membuka kajian Psikologi Industri dan Organisasi tentunya harus memiliki mitra untuk praktik kerja profesi, itu sudah terpenuhi,” akunya.

Sebelum pengajuan ke kementerian, pihak fakultas akan meminta pendampingan pada konsorsium Himpunan Psikologi Indonesia sebagai bahan pertimbangan. Sementara itu, proses pengusulan pembukaan program studi baru akan berakhir pada Maret mendatang. (*)


*Reporter: Awal Hidayat

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0