Sejumlah peserta tes SBMPTN 2016 yang mengikuti tes tulis di kampus UNM. (Foto: Dok-Profesi)
Sejumlah peserta tes SBMPTN 2016 yang mengikuti tes tulis di kampus UNM, Selasa (31/5). (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Sejumlah peserta tes SBMPTN 2016 yang mengikuti tes tulis di kampus UNM, Selasa (31/5). (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 secara resmi telah diumumkan. Jadwal jalur ini dibuka mulai tanggal 11 April hingga 5 Mei mendatang.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I), Muharram mengatakan, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah mengumumkan jalur penerimaan calon mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) ini sejak 31 Januari. SBMPTN 2017 akan dijadwalkan dibuka pada 11 April nanti.

“Kementrian sudah launching SBMPTN tanggal 13 Januari kemarin. Soal persiapan kita siap untuk menyambut kegiatan ini,”ungkapnya.

Pria asal Pinrang ini menambahkan untuk ujian tertulis akan dilaksanakan tanggal 16 Mei. Sementara itu, pelaksanaan ujian keterampilan dijadwalkan 17 hingga 18 Mei.

“Jadwal sudah tetap dan tidak akan berubah. Untuk konsep sendiri idak banyak berubah seperti tahun lalu,”tambahnya.

Guru Beasar Kimia Organik ini menuturkan pengumuman SBMPTN akan dilakukan serentak di PTN masing-masing pada tanggal 13 Juni.

“Baik pendaftaran, uji tertulis dan keterampilan akan serentak dilakukan. Tahun ini kita masih bekerjaama dengan Universitas Alauddin (UIN) di Panlok 8,”tuturnya. (*)


*Reporter: Resa Saputra