Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy membawakan Seminar Nasional Pendidikan di Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, Jumat (20/1) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy membawakan Seminar Nasional Pendidikan di Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, Jumat (20/1) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy membawakan Seminar Nasional Pendidikan di Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, Jumat (20/1) – (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM РMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy membawakan Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Makassar (UNM) Jumat (20/1). Kegiatan yang digelar oleh Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPI) Wilayah Sulawesi Selatan ini diadakan di Ruang Teater Lt.3 Menara Pinisi, Jumat (20/1).

Dalam sambutannya, ia mengatakan pemerintah telah berupaya meningkatkan SDM dengan memperluas akses pendidikan, pendidikan advokasi (keterampilan), daya saing dan kolaborasi dalam percaturan global. Dengan maksud untuk meeningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

“Selama ini ada anggapan pemerintah lebih fokus pada hard infrastructure (pembangunan fisik) itu betul meski sebelumnya pemerintah terus berusaha membangun soft infrastructure (pembangunan SDM).

Ia berharap nantinya pemerintah akan lebih fokus pada pengembangan karakter dan peningkatan keterampilan demi kemajuan bangsa dalam menghadapi persaingan global. Hal itu pun akan terus dipusatkan hingga tujuan tercapai nantinya.

“Mudah mudahan tahun ketiga pemerintah akan mengalihkan fokusnya bukan hanya pada pembangunan fisik akan tetapi pembangunan SDM. Inilah misi berat menteri pendidikan dan menteri lain,”harapnya.

Sementara itu, kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Athitah, Edi Sutarto dan Ketua Dewan Pendidikan Sulawesi Selatan, Adi Suryadi Culla. (*)


*Reporter: Citra Jati Utami