Mahasiswa Thailand dan Filipina saat belajar Bahasa Indonesia di Ruang Rapat Lt.8 Menara Pinisi UNM, Rabu (18/1) - (Foto: Nurul Fildzah Zatalini - Profesi)
Mahasiswa Thailand dan Filipina saat belajar Bahasa Indonesia di Ruang Rapat Lt.8 Menara Pinisi UNM, Rabu (18/1) - (Foto: Nurul Fildzah Zatalini - Profesi)
Mahasiswa Thailand dan Filipina saat belajar Bahasa Indonesia di Ruang Rapat Lt.8 Menara Pinisi UNM, Rabu (18/1) – (Foto: Nurul Fildzah Zatalini – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 13 mahasiswa dari perguruan tinggi di Thailand dan Filipina mengikuti pembekalan di Ruang Rapat Lt.8 Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (18/1). Dalam kegiatan tersebut, mereka dilatih untuk berbahasa Indonesia.

Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional ini mendapat materi terkait metode pengajaran yang diterapkan di Indonesia. Peserta pun mulai terlihat antusias saat pemateri pembekalan Widya Karmila Sari, mulai mengenalkan kata perkata dalam Bahasa Indonesia.

“Dalam bahasa Indonesia, Slow artinya Pelan. Kata ini bisa kalian gunakan saat menegur pengemudi yang ngebut,” kata Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNM ini.

Sontak seluruh peserta mengangguk dan mulai menirukan kata perkata yang telah disebutkan Widya. Bahkan, ada dari mereka yang sulit melafalkannya dan tak sedikit yang bercanda karena hal tersebut.

Pembekalan ini diikuti oleh 8 mahasiswa dari Filipina dan 5 mahasiswa Thailand. Setelah mengikuti pembekalan,
Peserta yang tergabung dalam program South Asean Minister Education Organization (SEAMEO) akan mengajar di Sekolah Islam Terpadu Athirah nantinya. (*)


*Reporter: Anggi Prakasi/Editor: Muh. Agung Eka S