Beasiswa (Foto: Ist)
Beasiswa (Foto: Ist)
Beasiswa (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Saat ini, kebutuhan akan beasiswa sangat banyak dicari mahasiswa, terkhusus untuk sivitas Universitas Negeri Makassar (UNM). Apalagi, dengan mahalnya biaya SPP/UKT sehingga sebagian dari mereka harus mencari cara agar tetap melanjutkan kuliah.

Tak jarang, beberapa mahasiswa harus berkerja dan bahkan berhenti kuliah di tengah jalan. Namun, bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah, beasiswa bisa menjadi solusi pilihan.

Berikut daftar beasiswa nasional yang bisa menjadi target kamu:

1. Beasiswa PPA/BPP PPA
Peluang beasiswa ini ditujukan bagi yang sudah berstatus mahasiswa, baik yang tengah kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) atau pun perguruan tinggi swasta (PTS). Namanya sudah tidak asing. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA).

Jadwal Pendaftaran: Ditentukan pihak fakultas di masing-masing perguruan tinggi

2. Beasiswa S1 Tanoto Foundation
Beasiswa ini ditawarkan untuk jenjang S1 dan S2. Selain itu disediakan pula beasiswa khusus S1 ikatan dinas. Biaya kuliah semester dan biaya hidup akan didapat oleh mahasiswa.

Jadwal Pendaftaran: Desember – Februari

3. Beasiswa S1 BCA Finance
Beasiswa BCA Finance adalah salah satu program beasiswa S1 yang rutin ditawarkan bagi mahasiswa di Indonesia. Jika kamu sudah menginjak semester II ke atas , beasiswa ini patut dicoba. Beasiswa diberikan dalam bentuk bantuan biaya kuliah.

Jadwal Pendaftaran: Bulan Juni – Juli

4. Beasiswa ORBIT HAH
Beasiswa ORBIT HAH merupakan program bantuan biaya studi pelajar dan mahasiswa berprestasi yang mengalami kendala dalam membiayai pendidikannya. Beasiswa ini ditawarkan Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie (YAAB-ORBIT HAH). Beasiswa terbuka bagi mahasiswa S1 di tanah air atau yang baru akan memasuki bangku perkuliahan.

Jadwal Pendaftaran: Bulan April – Mei

5. Beasiswa Karya Salemba Empat
Beasiswa Karya Salemba Empat ditujukan bagi Anda yang tengah kuliah S1 minimal semester dua. Yang menarik dari Beasiswa Karya Salemba Empat ini, pelamar beasiswa dapat memperpanjang beasiswa tersebut di periode berikutnya. Bahkan, bila saat ini sedang menerima beasiswa tersebut, bisa melakukan pengusulan kembali untuk
memperoleh Beasiswa Karya Salemba Empat.

Jadwal Pendaftaran: Awal Bulan Maret

6. Beasiswa S1 Sobat Bumi
Beasiswa Sobat Bumi ditawarkan oleh Pertamina Foundation dan tersedia bagi mahasiswa S1. Pelamar beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang sedang/telah menyelesaikan semester IV di program S1.

Jadwal Pendaftaran: Bulan September – Oktober

7. Beasiswa S1 GE Foundation
GE Foundation Scholar-Leaders Program yaitu beasiswa S1 yang disediakan GE Foundation untuk mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di tanah air untuk mengikuti beasiswa tersebut. Terbuka bagi mahasiswa yang sudah duduk di tahun kedua kuliah (semester 3).

Jadwal Pendaftaran: Bulan Mei – Juni

8. Beasiswa Mizan
Beasiswa ini ditujukan bagi kamu yang tengah mempersiapkan menyelesaikan skripsi, tesis, atau disertasi kuliah. Beasiswa tugas akhir tersebut disediakan dalam bentuk bantuan dana penelitian. Yang menarik, karya tulis yang dihasilkan juga berpeluang untuk diterbitkan.

Jadwal Pendaftaran: Awal Bulan November

(Diolah dari berbagai sumber)


*Muh. Agung Eka S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0