Alga Sanjaya, Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang terpilih sebagai Mawapres UNM 2016. (Foto: Tahrin-Profesi)
Alga Sanjaya, Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang terpilih sebagai Mawapres UNM 2016. (Foto: Tahrin-Profesi)
Alga Sanjaya, Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang terpilih sebagai Mawapres UNM 2016. (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Menjadi mahasiswa berprestasi adalah mimpi dan kebanggaan setiap mahasiswa. Ini merupakan predikat prestigious yang merupakan program Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Tidak mudah untuk sampai ketahap itu, banyak hal yang harus kamu persiapkan sejak dini.
Algha Sanjaya misalnya, mahasiswa Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) selalu memperhatikan beberapa hal utama hingga terpilih sebagai Mawapres UNM 2016.

“Tidaklah mudah untuk menjadi Mawapres. Bukan hanya IPK, penelitian, organisasi, penguasaan bahasa, pengabdian masyarakat, kegiatan ilmiah, kompetisi, hobby dan doa adalah hal yang selalu saya perhatikan selama ini sebelum akhirnya menjadi seperti sekarang ini,”ungkap mahasiswa angkatan 2013 ini.

Berikut adalah sedikit tips yang diberikan Algha untuk menjadi Mawapres:
1.) Semester 1 dan 2, beradaptasilah dengan baik di Kampus.
Pada awal semester ini usahakan mulailah berlatih bahasa inggris secara intensif, ikut berbagai kegiatan ilmiah seperti seminar, workshop, talkshow, konferensi dan lain sebagainya. Mulai juga untuk melihat potensi diri yang terpendam sebagai nilai plus dalam penilaian Mawapres.

2.) Semester 3 dan 4, Masa ini IPK harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Mulailah menulis karya ilmiah, esai, serta kembangkan bakat lain pada dirimu. Kemudian ikutkan dalam lomba-lomba tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Lebih baik yang diadakan oleh kementrian. Selain itu, kembangkan softskill mu melalui organisasi yang sesuai passion mu. Tidak lupa, aplikasikan semua illmu yang kamu dapat melalui link organisasi kepada masyarakat sekitarmu.

3.) Semester 5 dan 6, kamu dianggap sudah matang sebagai mahasiswa. Mulailah mencari tahu sistem seleksi Mawapres di jurusan, fakultas, dan universitas. Lengkapi lebih awal berkas yang diperlukan dalam seleksi tersebut. Jika kamu lolos hingga tingkat nasional mewakili kampus kebanggaan mu. Persiapkan lebih matang mahakarya mu seperti karya tulis dan produkmu, video perkenalan dan video tentang karya mu.

Algha berpesan, perjuangan semakin berat, nikmati setiap prosesnya sebagai bentuk syukurmu.

“bersyukurlah atas apa yang kamu raih. Tetap percaya diri, optimis, dan pantang menyerah serta serahkan semuanya pada tuhan. Tidaklah instan menjadi Mawapres tapi yakinlah usaha tidak akan menghianati hasil dan tuhan tidak akan salah alamat,”katanya.

*Reporter: Noval Kurniawan

Share and Enjoy !

0Shares
0 0