Upacara pelepasan kegiatan Vertical Rescue UKM SAR UNM di depan Gedung PKM, Gunung Sari, Jumat (25/11) - (Foto: Ist)
Upacara pelepasan kegiatan Vertical Rescue UKM SAR UNM di depan Gedung PKM, Gunung Sari, Jumat (25/11) - (Foto: Ist)
Upacara pelepasan kegiatan Vertical Rescue UKM SAR UNM di depan Gedung PKM, Gunung Sari, Jumat (25/11) – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Search and Rescue (SAR) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Vertical Rescue dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan SAR (Diklatsar) XV. Mereka melatih peserta untuk melakukan pertolongn di medan ketinggian. Kegiatan tersebut akan dihelat di Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros pada 25 sampai 27 November nanti.

Ketua Umum, Aswan Basri mengatakan, Vertical Rescue adalah suatu teknik pertolongan pada ketinggian dan tebing. Peserta diajarkan bagaimana cara tepat memberikan bantuan ketika berada di ketinggian.

“Materi yang diberikan dalam kegiatan ini yaitu, tali temali dan simpul, anchoring, dan belaying, ascending dan descending, refling dan lowering, serta manajemen tandu,”tambahnya.

Kegiatan ini rutin diadakan tiap tahun. Agenda ini wajib diikuti oleh para peserta sebelum nantinya dapat melanjutkan ke matra darat.

“Ini merupakan tahapan yang penting untuk calon anggota baru yang akan direkrut. Sebelumnya juga sudah dilaksanakan matra air di Tanjung Bayang,”katanya.

Mahasiswa Fakultas Teknik ini juga berharap agar para peserta dapat mengimplementasikan materi yang didapat dari kegiatan tersebut.

“Semoga kapabilitas maupun skill calon anggota akan pertolongan di ketinggian bertambah, sehingga nantinya setelah menjadi anggota UKM SAR, mereka dapat mengaplikasikannya dalam penyelamatan di medan ketinggian,” harapnya.

Setelah kegiatan Vertical Rescue, selanjutnya peserta akan mengikuti satu rangkaian outdoor, yaitu matra darat. Ini merupakan tahapan terakhir dalam rangkaian Diklatsar. (*)


*Reporter: Irta Safitri/Editor: Muh. Agung Eka S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0