Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. (Foto: Int)
Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. (Foto: Int)
Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Buat kamu, alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) yang berkemampuan akademik serta berkepemimpinan tinggi, namun ingin mendapatkan beasiswa. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia kembali lagi membuka beasiswa Magister dan Doktor.

Dilansir dari Line Beasiswa Indonesia, simak 18 fakta tentang beasiswa LPDP Kemenkeu RI dibawah ini:

1. Pengelolaan dana beasiswa LPDP Tahun ini sebanyak 20,6 Triluin, bertambah 5 Triliun dari tahun sebelumnya.

2. Tak hanya mengelola dana beasiswa, LPDP juga mengelola dana untuk investasi, dana bantuan riset maupun reward.

3. Pendaftaran khusus beasiswa LPDP, dibuka sepanjang tahun dnegan periode seleksi setiap bulan Februari, Mei, Agustus dan November.

4. LPDP hanya menargetkan kuota 5000 orang setiap tahunnya, termasuk beasiswa dalam negeri dan luar negeri.

5. Seleksi beasiswa LPDP terdiri dari Seleksi Administratif dan Seleksi Substantif.

6. Seleksi Administratif beasiswa LPDP terdiri dari:
a. Maksimal usia pendaftar 35th untuk program Magister, dan 40th untuk program Doktor. (Dikhususkan kepada angkatan tua yang masih ingin kuliah, mengingat masa pensiun PNS 58 th dan Guru Besar 78th).
b. Mempunyai Unconditional LOA/ IPK: 3,00 (S2) da 3,25 (S3)
c. Toefl ITP 500/ iBT 61/ IELTS 6,0 (DN), ITP 550/iBT 79/IELTS 6,5 (LN).

7. Seleksi Substantif terbagi atas tiga:
a. Interview
b. Group Discussion
c. Menulis Esai.

8. Tahap interview dalam seleksi substrantif, pelamar dituntut berbahasa inggris untuk program beasiswa Luar Negeri (LN) dan berbahasa indonesia untuk program beasiswa Dalam Negeri (DN). Moral, Intelektual, Nationality, Social Awarness, dan Strong Personality merupakan cakupan aspek penilaian yang juga dinilai dalam tahap ini.

9. Tahap Group Discussion dalam seleksi substrantif, mencakup aspek penilaian kemampuan komunikasi verbal baik secara berkelompok dalam membahas tema-tema terkait kondisi bangsa. Namun tak lupa juga, dalam Group Discussion ini, pelamar diharuskan berbahasa inggris untuk program beasiswa Luar Negeri (LN) dan berbahasa indonesia untuk program beasiswa Dalam Negeri (DN)

10. Tahap Menulis Esai, mencakup aspek penilaian kemampuan komunikasi secara tertulis tentang kondisi bangsa kedalam bahasa inggris untuk program beasiswa Luar Negeri (LN) dan bahasa indonesia untuk program beasiswa Dalam Negeri (DN).

11. Bidang keilmuan prioritas terbagi atas:
a. Prioritas 1 (passing grade 70): Teknik, Sains, Pertanian, Kesehatan, Hukum dan Pendidikan)
b. Prioritas 2 (passing grade 75): Accounting/Finance, Ekonomi, Agama
c. Prioritas 3 (passing grade 80): Social, Culture/Linguistic, etc.

12. Beasiswa LPDP mencakup keseluruhan biaya (full scholarship) selama studi, termasuk tunjangan keluarga (Maksimal 2 anggota keluarga).

13. LPDP juga menyediakan tunjangan intensif sebesar 50 juta (S2) dan 100 juta (S3) bagi Awardee LPDP yang lulus di top 20 Universitas Dunia.

14. Alumni LPDP harus menyalurkan kontribusinya setelah masa studi dengan turut ikut serta dalam program-program Alumni LPDP.

15. LPDP mengalokasikan beasiswa afirmasi (beasiswa dengan kondisi khusus) sebesar 30% dengan kondisi berikut:
a. Daerah 3T (Terluar, tertinggal, terdepan)
b. Ekonomi lemah dengan Intelektual kuat
c. Penerima beasiswa lain dibawah kelayakan.

16. LPDP mengelola dana bantuan tesis dan disertasi.

17. LPDP menyediakan dana riset, dimana tiap pengusul terdiri dari 3 orang dengan Ketua tim minimal bergelar Ph.D).

18. LPDP juga menyediakan reward untuk publikasi jurnal internasional terindeks Scopus cukup dengan Impact Factor 0,1 senilai 50 juta/jurnal. (*)


*Nurul Charismawaty S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0