Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM, Andi Hilmi sukses membuat bahan bakar alternatif Biodiesel yang diberi nama Garuda Energi Nasional Oil (GEN-Oil) - (Foto: Ist)
Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM, Andi Hilmi sukses membuat bahan bakar alternatif Biodiesel yang diberi nama Garuda Energi Nasional Oil (GEN-Oil) – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Andi Hilmi akan mengikuti study trip di London, Inggris Raya. Pelatihan tersebut didapatkannya setelah berhasil menemukan bahan bakar alternatif dari minyak jelantah.

Penemuannya meraih juara pertama dalam Ideas For Indonesia 2016 di Jakarta, 23 September lalu. Hadiah berupa uang sebesar 100 Juta rupiah dan study trip di London berhasil didapat.

Ia mengaku sempat pesimis menghadapi kompetisi tersebut. Pasalnya, keempat kontestan yang hadir dinilai memiliki penemuan yang menarik.

“Disitu saya gugup sekali, itu pesaing kita punya penemuan yang bagus. Apalagi mereka sudah dikenal banyak orang,” ujarnya saat ditemui di rumahnya, JumatĀ (30/9).

Mahasiswa Jurusan Antropologi ini membuat bahan bakar biodiesel dari minyak jelantah. Usaha tersebut akhirnya bisa membantu para nelayan dalam kebutuhan bahan bakar.

“Namanya Garuda Energi Nasional (GEN-Oil), jadi minyak bekas kita proses kembali jadi bahan bakar yang lebih ramah lingkungan,” tuturnya.

Bersama lima rekannya, ia merintis usaha ini dengan modal yang tidak sedikit. Bahkan proses produksi sempat mengalami kegagalan namun akhirnya hal tersebut bukan lagi masalah.

“Saya ajak mereka dan kita patungan dan cari modal sana-sini. Pertamanya, pernah gagal dua kali,” kata Pria kelahiran Pangkep ini.

Ia berharap pemerintah berperan dalam meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif.

“Harapannya sih pemerintah mau kerjasama dengan kita dan membantu menangani masalah krisis bahan bakar di Indonesia,” harapnya.


*Reporter: Muh. Agung Eka S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0