SONY DSC
Universitas Negeri Makassar (UNM) (Foto: Int)
Universitas Negeri Makassar (UNM) (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Webometrics kembali merilis peringkat web universitas di seluruh dunia, termasuk Universitas Negeri Makassar (UNM). Webometrics telah dikenal sebagai sistem perangkingan web perguruan tinggi di dunia yang berpusat di Spanyol.

Berdasarkan hasil riset terakhir, Webometrics menempatkan UNM pada posisi 5.013 secara global. Tiga besar ditempati oleh tiga perguruan tinggi negeri Paman Sam, secara berturut-turut Harvard University, Stanford University, dan Massachusetts Institute of Technology.

Pada skala nasional, UNM pun tertinggal jauh di posisi 67 ketimbang Universitas Hasanuddin pada posisi 12. Universitas Indonesia masih menjadi andalan di posisi 1, kemudian disusul Institut Teknologi Bandung dan Universitas Gajah Mada.

Dalam melakukan pemeringkatan, Webometrics menggunakan empat indikator. Di antaranya, jumlah halaman web (presence), domain web yang tertangkap oleh search engines (visibility), jumlah halaman pdf menurut google (openness), jumlah paper dan sitasi yang tertangkap dalam kurun lima tahun (excellence). (*)

 


*Muh. Agung Eka S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0