Hasil Pencarian Akreditas Universitas Negeri Makassar pada situs resmi BAN-PT. (Foto: Int)
Hasil Pencarian Akreditas Universitas Negeri Makassar pada situs resmi BAN-PT. (Foto: Int)
Hasil Pencarian Akreditas Universitas Negeri Makassar pada situs resmi BAN-PT. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Menurut data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), April ini sebagian besar prodi di UNM masih berstatus B. Dari total 80 prodi, 61 di antaranya berakreditasi B. Bahkan, masih terdapat Sembilan prodi yang berkutat dengan akreditasi C. Salah satu prodi berakreditasi C ialah Psikologi. Meski telah berumur 10 tahun, gelar akreditasi C nampaknya masih betah untuk prodi ini. Tak tanggung-tanggung BAN-PT telah melakukan kunjungan ke fakultas tersebut sebanyak dua kali.

Pembantu Dekan Bidang Adminitrasi Umum dan Keuangan (PD II) Fakultas Psikologi (FPsi), Widyastuti mengakui prodi Psikologi masih terakreditasi C dari dua kali usaha yang dilakukan. Ia berdalih, nilai rendah tersebut disebabkan karena penilai memiliki standar penilaian yang tinggi. “Yang memeriksa langsung tim independen dari UI dan UGM, yang mempunyai standar tinggi dari segi penilaian,” ujarnya.

Saat ini, Prodi Psikologi telah mengirim borang untuk mendapatkan reakreditasi dari BAN PT. “Kami sudah tahu kalau terhitung 103 hari lagi masa kedaluwarsa akreditasi akan berakhir, dan kami sudah mengirim borang ke Kemenristekdikti yang dibawa langsung oleh dekan beberapa waktu lalu,” bebernya saat ditemui 18 April lalu.

Untuk menyambut visitasi ketiga nantinya, ia pun mengungkapkan telah banyak persiapan yang dilakukan oleh Fakultas Psikologi, seperti penaatan ruangan, penambahan jumlah kelas, pengadaan laboratorium, dan penambahan dosen ditambah partisipasi mahasiswa.

“Tentu kali ini kami optimis, saya sendiri memastikan psikologi kali ini akan mendapatkan nilai B terlalu berlebihan jika masih C,” harapnya.

Lebih lanjut , Widya juga mengharapkan agar kedepannya tersedia gedung baru untuk Fakultas Psikologi guna menunjang kegiatan akademik dan administrasi.

Prodi lainnya yang masih berakreditasi C ialah Ekonomi Pembangunan. Ketua Prodi Ekonomi Pembangunan, Abdul Rahim mengatakan, akreditasi rendah disebabkan karena masih terbilang baru dibuka. “Baru tahun 2010, jadi waktu didatangi tim BAN PT pada 2014, kita belum punya alumni yang jadi salah satu indikator penilaian,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi (FE), Muhammad Aziz mengaku prodi yang masih berakreditasi C di FE merupakan hal yang memprihatinkan.

“Ya mau di apa, namun kita UNM tidak akan tinggal diam melihat masalah tersebut,” katanya. Ke depannya, ia merasa optimis prodi di FE dapat terbebas akreditasi C. “Sudah kata wajib perbaikan fasilitas dan peningkatan  SDM diproritaskan, mahasiswa juga harus lebih mampu bersinergi dengan dosen, karena soal akreditasi juga menyangkut objek tersebut,” bebernya.

Selain itu, terdapat tujuh prodi lagi yang masih terakreditasi C. Prodi tersebut didominasi oleh Fakultas Teknik (FT) dan FE masing-masing tiga prodi. Program Pascasarjana dua prodi, sisanya, Fakultas Seni dan Desain (FSD). (*)


*Febriawan Djalil, Nurul Charismawaty S, Resa Saputra, Noval Kurniawan

Tulisan Ini Terbit di Tabloid Profesi Edisi 202

Share and Enjoy !

0Shares
0 0