Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015. (Foto: Febriawan Djalil - Profesi)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015. (Foto: Febriawan Djalil - Profesi)
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015. (Foto: Febriawan Djalil – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Setelah berakhirnya masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN), jalur selanjutnya ialah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pendaftaran SBMPTN 2016 dibuka mulai 25 April hingga 20 Mei mendatang.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Universitas Negeri Makassar (UNM) hanya menerima 1.319 mahasiswa baru jalur SBMPTN. Berkurang 817 kursi, pada tahun sebelumnya, UNM menerima sebanyak 2.136  mahasiswa pada jalur yang sama.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) UNM, Sofyan Salam membeberkan, pengurangan kuota dilakukan untuk mengefisienkan aktivitas belajar. “Panitia Penerima Maba mengurangi kuota sebanyak 817 orang pada tahun ini karena aktivitas belajar mengajar di kelas kurang efektif kalau terlalu banyak mahasiswa di dalamnya,” jelasnya.

Guru Besar Fakultas Seni dan Desain ini pun memprediksi tahun selanjutnya akan diberlakukan tindakan serupa. “Tak menutup kemungkinan kita akan kurangi kembali tahun depan jika masih terjadi banyak kendala,” ujarnya.

Sementara itu, pengurangan kuota disayangkan oleh salah satu calon maba 2016, Riskawati. Siswa SMA 1 Maros itu menilai tindakan tersebut memperkecil peluang untuk menimba ilmu di bangku kuliah. “Kalau dikurangi. kesempatan kita untuk kuliah di universitas negeri akan semakin kecil,” tuturnya.

Ia mengharapkan, pihak universitas ke depannya dapat berlaku adil dalam mengambil keputusan. “Kalau sedikit yang diterima, semoga sedikit juga pembayaran,” harap siswa yang berencana mendaftar di Jurusan Matematika UNM ini. (*)


*Reporter: Ita Andriani

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0