Perkenalkan, Arizenjaya Sambokaraeng! Si Albert Einstein Asal Indonesia
Perkenalkan, Arizenjaya Sambokaraeng! Si Albert Einstein Asal Indonesia

PROFESI-UNM.COM – Meski memiliki penemuan fenomenal benama “Instrumen Energi Termodinamika” yang membuat alumni IKIP Ujung Pandang (UNM) 1985, Arizenjaya dianggap jenius, ia ternyata menghabiskan masa kuliahnya selama tujuh tahun. Penemu rumus Energi Cahaya (E=az^2) ini mengakui hal tersebut pada saat memberi kuliah umum di Lt. 5, Aula gedung Program Pascasarjana UNM, Senin (25/4).

Salah satu peserta kuliah umum, Fahirah penasaran dengan fakta tersebut. Ia bahkan memberi pertanyaan mengenai alasan tentang mengapa ia menghabiskan masa studi selama tujuh tahun. “Kan Bapak di kampus selama tujuh tahun, bagaimana bapak bisa kuliah selama itu?” tanya mantan guru Fisika ini.

Menanggapi hal tersebut Kepala SMA Negeri 1 Sumarorong ini mengatakan saat kuliah ia juga sibuk di luar. “Kebetulan saya juga kuliah di universitas lain mengambil Jurusan Teknik Sipil, jadi waktu saya terbagi,” akunya.

Ariz tak menampik, dulunya ingin mendapatkan banyak hal saat menjadi mahasiswa, ia memberi sebuah pengibaratan mengenai keinannya tersebut, “kuliah itu ibarat berkendara, kalau lambat pasti kita bisa perhatikan semua pohon-pohon atau tiang listrik di jalan, tapi kalau cepat pasti tidak bisa diperhatikan,” tuturnya dengan nada candaan.

Namun, suami dari Trice Madika ini menghimbau agar mahasiswa S1 jangan serta-merta mengikuti jejaknya. “Jangan ditiru untuk mahasiswa nah,” imbaunya.

Direktur Program Pascasarjana, Jasruddin turut mengomentari hal tersebut. Ia bedalih bahwa Arizenjaya adalah seorang yang amat menghargai fasilitas. “Arizenjaya itu memanfaatkan fasilitas yang ada, karena memanfaatkan tujuh tahun yang tersedia,” imbuhnya bergurau. (*)


*Reporter: Tahrin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0