(Foto:Int)

PROFESIUNM.COM – Teman sehat, bulan Januari ini sudah memasuki musim hujan nih. Seperti yang kita ketahui musim hujan membuat beberapa jenis mikroba berkembang biak lebih cepat dan dapat dengan mudah masuk ke tubuh manusia. Dan jika daya tahan tubuh kita buruk maka beberapa mikroba tersebut dapat menginfeksi tubuh kita yang akhirnya memunculkan beberapa penyakit seperti flu, radang tenggorokan, diare, tipus, deman berdarah dan masih banyak lagi.

Lalu TIPS apa saja ya untuk mencegah kita terhindar dari penyakit di musim hujan ini? Tipsnya yaitu :

1. Olahraga yang teratur.
Minimal olahraga dalam sehari     selama 30 menit. Dan lakukan 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Selama musim hujan ini, dianjurkan lakukan olahraga yang indoor seperti gym, yoga, maupun latihan crossfit yang dilakukan dirumah.

2. Selalu menjaga kebersihan diri sendiri
Dengan cara hal yang paling mudah kita lakukan adalah rutin mencuci tangan kita.

3. Perbanyaklah minum air putih.
Konsumsi air putih yang dianjurkan minimal 1,5 sampai 2 liter sehari atau 8 sampai 10 gelas. Dengan tujuan untuk menjaga tubuh kita supaya tidak dehidrasi dan melancarkan metabolisme dalam tubuh kita.

4. Hindari merokok dan asap rokok
Dimana kandungan pada rokok tersebut dapat mengiritasi mukosa dalam saluran pernafasan kita,yang akhirnya dapat meningkatkan resiko infekssi pada tubuh kita.

5. Rutinlah mengonsumsi madu dan jahe yang alami,
Untuk meningkatkan sistem imunitas pada tubuh kita.

6. Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang dianjurkan dalam sehari adalah 7 sampai 8 jam. Dengan tujuan membantu meningkatkan sistem imun pada tubuh kita.

Oke teman sehat, jadi itulah tips. Jangan sampai sakit yah.! (*)

*Reporter:Elfira