Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Universitas Negeri Makassar (UNM). (Foto: Dokumen Profesi)

PROFESIUNM.COM – Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) merupakan salah satu cikal bakal berdirinya IKIP Ujung Pandang yang didirikan pada tahun 1965. Fakultas ini merupakan program atau kursus BI Negeri, yang setelah diintegrasikan ke dalam Universitas Hasanuddin menjadi Jurusan Bahasa Indonesia dan Jurusan Bahasa Inggris.  

Tahun 1965, berdasarkan Keputusan Presiden, Nomor 272, tahun 1965 tentang Pengesahan Pendirian Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) dengan dekan pertama E. H. Hampp, M.A. dan sekretaris Drs. Fachruddin A. E. Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS) berubah menjadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) dengan empat jurusan, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, dan Pendidikan Seni Rupa.

Perubahan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujungpandang menjadi Universitas Negeri Makassar (UNM) berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 93 tahun 1999, tanggal 4 Agustus 1999 berimplikasi pada perubahan sistem kelembagaan, tugas dan fungsi UNM. Perubahan ini menjadi momentum bagi pengembangan dan aktualisasi fungsi UNM dalam mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat.Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 227/O/1999, tanggal 14 Oktober 1999 tentang struktur organisasi Universitas Negeri Makassar, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)  merupakan salah satu unsur pelaksanaan akademik di UNM.

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) berubah menjadi Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) berdasarkan Keputusan Rektor UNM nomor 4220/H36/KL/2008 tanggal 11 Juni 2008.Fakultas Bahasa dan Sastra membina tiga jurusan yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Asing/Jerman. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia membina 2 (dua) Program Studi (PS) yakni: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa Inggris membina 3 (tiga) Program Studi (PS) yakni: Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Sastra Inggris, dan Program Studi Bahasa Inggris Diploma Tiga (Business English). Jurusan Pendidikan Bahasa Asing/Jerman.

Pada tahun 2012, FBS membuka program studi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah konsentrasi Bahasa Bugis dan Bahasa Makassar d ibawah naungan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan pada tahun 2014 membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di bawah naungan Jurusan Bahasa Asing.

Pada tahun 2014,Fakultas Bahasa dan Sastra membina tiga jurusan yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Asing. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia membina 3 (tiga) Program Studi (PS), yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Bahasa Bugis dan Bahasa Makassar). Jurusan Bahasa Inggris membina 3 (tiga) Program Studi (PS), yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Sastra Inggris, dan Program Studi Bahasa Inggris Diploma Tiga (Business English). Jurusan Pendidikan Bahasa Asing membina 2 (dua) program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Jerman dan Pendidikan Bahasa Arab.(*)

*Reporter:Elfira