Mengisi waktu libur (Foto: Int)

PROFESIUNM.COM – Liburan semester tentunya merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Bagaimana tidak, durasinya bisa sampai satu atau dua bulan lebih. Saat libur semester, biasanya mahasiswa akan pulang kekampung halaman mereka. Berikut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu libur semester kamu :

1.       Mengikuti kursus atau training untuk mengasah skill tertentu

Kamu bias mengikuti pelatihan apa saja. Namun usahakan pilih jenis pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan skill kamu secara signifikan dan dapat membantu mewujudkan cita-cita. Selain itu, pilihlah jenis pelatihan atau training dengan biaya yang relatif terjangkau dan sesuai dengan minat teman-teman. Sesuaikan pula dengan durasi waktunya sehingga tidak melebihi waktu liburan kamu.

2.       Berliburlah!

Kita tahu bahwa tugas-tugas kuliah bisa sangat membuat sibuk. Jangankan untuk berlibur saat sudah masuk kuliah, ketika sedang banyak tugas pun kurang tidur jadi hal yang sering terjadi. Untuk itu, jangan abaikan kesempatan waktu liburan ini untuk berlibur bersama teman-teman atau mungkin keluarga.

3.       Menulis buku atau novel

Selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan semester adalah menulis buku atau novel. Menulis kumpulan cerpenpun boleh. Atau jika kamu biasa mengisi kultum atau ceramah di mushola dan masjid setempat, itu juga boleh. Intinya, menulis. Liburan semester yang cukup panjang, sangat tepat dimanfaatkan untuk mengasah dan memunculkan kemampuan menulis kamu. (*)

*Reporter: Andi Tenri Abeng