Mahasiswa baru (Foto:Ilo-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) akan kembali menerima mahasiswa baru di 2020 mendatang. Seperti biasa ada beberapa jalur yang dapat ditempuh untuk masuk di UNM. di antaranya jakur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan Hafidz Qur’an. Khusus tahun depan, UNM kembali akan membuka jalur baru yakni jalur ketua osis. Jalur ini memberikan kesempatan kepada ketua osis dari sekolah terbaik di setiap kabupaten se-Sulawesi Selatan (Sulsel). Untuk mengenyam pendidikan tinggi di universitas.

Setelah dikonfirmasi, Muharram Wakil Rektor Bidang Akademik (WD I) membenarkan hal tersebut. Ia berencana akan menerapkan jalur khusus ini pada tahun depan. Tetapi dalam penerimaannya, tidak semua ketua osis akan diluluskan. Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ini juga menjelaskan, pihak universitas akan melakukan pemeriksaan portofolio terlebih dahulu terhadap calon mahasiswa yang kemudian mendaftar di jalur ini.

“Iya inshaallah tahun depan, tapi tidak mngkin kita menerima semua ketua osis nanti, pasti ada kriteria yang dimasukkan nanti, entah itu kepribadian maupun nilainya. Karena jika tidak begitu, mereka semua yang akan penuhi UNM karena ada banyak sekali sekolah di Indonesia” jelasnya, Rabu (16/10).

Lanjut, Muharram juga mengatakan prosedur pendaftaran untuk jalur ketua osis ini tidak jauh berbeda dengan jalur hafidz yang telah di buka pada tahun ini. Pihak universitas juga akan melakukan kunjungan ke kampus yang sudah menerapkan jalur ini lebih dulu.

“Jalur ini tidak jauh beda dengan jalur hafidz. Kami juga akan membicarakan jalur ini ke Universitas Hasanuddin (Unhas) yang telah menerapkan jalur ini lebih dulu,” katanya.

Namun untuk penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT) khusus jalur ini Muharram belum bisa berbicara banyak. Ia mengaku belum melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan beberapa pimpinan kampus. “Nanti setelah dibicarakan, kami konfirmasi” lugasnya.(*)

*Berita ini telah terbit di Tabloid LPM Profesi UNM periode 236

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0