pembukaan Talkshow, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Sabtu (7/12). (Foto: Anita - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Talkshow Budaya. Kegiatan ini pun berlangsung di Ballroom Theater Menara Pinisi UNM, Sabtu (7/12).

Talkshow Pesta Rasa dan Karsa (Prakarsa) UKM Seni ini mengangkat tema ‘Budaya Kita Masa Depan Indonesia’. Pada kegiatan ini mendatangkan Nirwan A. Arsuka dari pustaka bergerak dan Aslan Abidin dari sastrawan.

Ketua UKM Seni UNM, Gilang mengatakan, tujuan kegiatan ini karena prihatin dengan kondisi budaya Indonesia di era globalisasi.

Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kemajuan kebudayaan dan kearifan lokal pada masyarakat Indonesia.

“Bentuk kepedulian karena posisi kebudayaan Indonesia atau kearifan lokal yang ada di dalam masyarakat atas arus globalisasi yang cepat berkembang,” katanya.

Ia berharap, setelah kegiatan ini peserta bisa lebih paham tentang dampak globalisasi terhadap kebudayaan Indonesia saat ini.

“Kami berharap bahwa teman-teman bisa paham bagaimana sebenarnya proses kebudayaan kita, bagaimana kearifan lokal kita di tengah-tengah masyarakat terhadap dampak positif atau negatif dari globalisasi,” harapnya.

*Reporter: Anita Nur Fadhilah Halid/Editor: Ratu Fathonah Amalia