Peresmian lapangan futsal Fakultas Teknik ditandai dengan penendangan bola ke dalam gawang secara simbolis oleh Dekan Fakultas Teknik, Muhammad Yahya. (Foto: Ayu-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) No.20 Tahun 2003, pasal 45 ayat 1 yang berbunyi: Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan fasilitas yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kewajiban peserta didik.

Dalam menunjang keefektifan dalam proses belajar sarana fasilitas perguruan tinggi berupa, gedung atau ruang kelas dan perabot serta peralatan pendukung di dalamnya, media pembelajaran, buku atau sumber belajar lainnya.

Universitas Negeri Makassar (UNM) pun memiliki beberapa fasilitas yang sangat berguna bagi seluruh mahasiswa. Berikut fasilitas yang ada di UNM beserta lokasinya:

1.Aula

UNM sekarang mempunyai dua aula, yang pertama terletak di aula Amanagappa dan aula di Parangtambung yang difungsikan sebagai tempat berkegiatan sivitas akademik pada lingkungan UNM.

2. Masjid

Di UNM sendiri terdapat beberapa masjid sebagai tempat ibadah para mahasiswa muslim, di antaranya Masjid Ulil Albab yang berada di Parangtambung, Masjid Nurul Ilmi terdapat di Gunungsari. Sedangkan di FIP sedang membangun masjid yaitu masjid tarbiyah yang akan dijadikan sebagai aula bagi mahasiswa.

3. Lapangan olahraga

UNM juga memiliki beberapa lapangan olahraga terletak di gunung sari, parangtambung, tidung dan banta-bantaeng yang digunakan sebagai tempat olahraga ataupun event perlombaan antar mahasiswa.

Lapangan olahraga di parangtambung itu sendiri terdapat di Fakultas Teknik, Mipa dan Bahasa.

4 Kantin

UNM memmiliki banyak kantin yang terbagi di setiap wilayah kampus UNM seperti Gunung sari, Tidung, Banta-Bantaeng dan Parangtambung.

Kantin seperti nya suatu hal yang prioritas dalam lingkup pendidikan, selain berfungsi untuk tempat belanja mahasiswa di sisi lain juga sebagai wadah mempertemukan dan saling silaturahmi baik sesama fakultas dan fakultas lain yang datang berkunjung.

5. Gazebo

Tidak afdol jika terdapat kantin tanpa ada nya gazebo, karena kantin sendiri hanya dapat memfasilitasi kursi yang secukupnya.

Dan gazebo sendiri merupakan tempat yang sering di gunakan para mahasiswa untuk cerita sambil minum kopi.

6. Gedung PKM

Apalah guna kampus jika tidak memfasilitasi tempat bagi UKM, yang dimana UKM ini sebagai organisasi dapat mengharumkan nama UNM baik skala nasional maupun internasional.

Maka Rektor UNM sendiri membangun Gedung PKM sebagai fasilitas untuk mengembangkan bakat bagi mahasiswa yang berperan di dalamnya.

*Reporter : Muhammad Khadafi /Editor: Andi Tenri Abeng