Jalan santai untuk memperingati hari Disabilitas Internasional. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Program Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) terpadu angkatan XIX Kabupaten Tana Toraja Tahun 2019 menggelar kegiatan untuk memperingati hari Disabilitas Internasional. Mengusung tema ‘I’am Differently “ABLE” Kami Juga Punya Hak yang Sama’, kegiatan ini berlangsung di pasar seni makale, Tana Toraja, Selasa (3/12).

Ketua panitia, Farzha Ramdani Sohardina mengungkapkan alasan mengangkat tema tersebut, yaitu berdasarkan Undang-Undang (UU) No 8 Tahun 2016 tentang penyandang Disabilitas.

“Tema yang diangkat sesuai dengan UU No 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas bahwa mereka memiliki kewajiban dan hak yang sama sebagai warga negara indonesia” ungkapnya.

Ia melanjutkan, kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan hak anak disabilitas, serta menghentikan perbedaan perlakuan terhadap mereka. Selain itu, panitia pada kegiatan ini berasal dari dua posko penempatan yaitu, SLB darma wanita makale dan SLBN 1 Tana Toraja.

“Jadi disini kami 2 posko membuat proker kabupaten HDI ini” Ucap Farzha*

Kegiatan ini dimulai pukul 7.30-09.00 Wita, dengan pawai di bundaran kolam Makale sekaligus membagi bunga. Dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni untuk anak-anak disabilitas dari 3 sekolah asal Kabupaten Tana Toraja dan 1 sekolah asal Kabupaten Toraja Utara.

Anak disabilitas menampilkan bakat yg mereka miliki, seperti fashion show, menyanyi, pantomim, puisi, dan menari.

Perempuan asal Tana Toraja ini berharap, masyarakat tidak lagi memiliki pandangan negatif terhadap penyandang disabilitas dan stop mendiskriminasi.

“Semoga kedepannya dapat diadakan lagi oleh pihak dari kabupaten Tana Toraja,” harapnya.(*)

*Reporter:Muhidatul Jasni/Editor:Ratu Fathonah Amalia