PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ilmu Ilmu Pengetahuan AlamĀ  (IPA) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Inaugurasi.

Kegiatan ini dilangsungkan di Gedung Kesenian, Jln. Ahmad Yani, Pattunuang, Minggu (01/12).

Inaugurasi yang dipersembahkan oleh mahasiswa angkatan 2018 pendidikan IPA ini mengusung tema ‘Berbeda Menyatukan, Beretika Memadukan’.

Tema tersebut diangkat sebagai konsep perwujudan bermacam-macam dan beranekaragamnya budaya di Indonesia.

Dalam pentasan dramanya, Mahasiswa yang dikenal dengan nama angkatan F18ROSA menggunakan wayang sebagai properti panggung dan pakaian adatĀ  yang menggambarkan ciri khas Negara Indonesia.

Salah satu pemeran teater yang sempat ditemui menuturkan hal tersebut sebagai gambaran atas keanekaragaman suku, ras, dan budaya.

“Konsep inaugurasi yang kita angkat itu tentang kebudayaan, dalam pendidikan IPA kan ada berbagai suku, bahasa dan agama,” ujarnya.

Tidak hanya teater, Nurul Khairani, salah satu penari inaugurasi juga menuturkan bahwa F18ROSA juga mempersembahkan tarian adat dari berbagai macam suku. Hal tersebut menurutnya akan menambah kesan keras terhadap perbedaan yang sebenarnya menyatukan Indonesia.

“Kami mengangkat berbagai macam tarian nusantara, itu bertujuan untuk memberikan kesan keanekaragaman agar sesuai dengan tema yang kami angkat,” ujarnya

*Reporter : Akhyar/ Editor : Nurul Istiqamah