Presiden BEM UNM, Muhammad Aqsha memberikan sambutan pada Seminar Riset Nasional di ruang teater menara pinisi UNM, Kamis (28/11) - (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Riset Nasional. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (28/11). 

Mengangkat tema ‘Membumikan Riset Sebagai Landasan Gerakan’, Presiden BEM UNM, M. Aqsha B.S mengatakan kegiatan ini bertujuan agar sivitas akademika UNM mengetahui landasan atau pijakan dari seluruh proses kerja Lembaga Kemahasiswaan (LK) UNM.

Menurutnya, setiap gerakan LK haruslah didasari oleh riset dari kaum intelektual yakni mahasiswa itu sendiri.

“Kaum intelektual harus mengambil posisi kritis, hadir sebagai hati dan pikiran masyarakat lalu dikemas dalam aspirasi dan gerakan,” katanya.

Seminar ini menghadirkan penulis buku dan aktivis pendidikan, Ki Darmaningtyas sebagai pemateri.

Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Rektor UNM, Husain Syam, perwakilan LK se-UNM, dan diikuti oleh kurang lebih 1000 orang peserta.

Sementara itu Ketua Panitia, Albi mengatakan seminar ini kemudian akan dilanjutkan dengan National Research Training hingga 30 November mendatang di Hotel Lamacca.

“Peserta training ini adalah perwakilan dari LK tiap fakultas yang masing-masing sebanyak tiga orang,”katanya.

M. Aqsha B.S berharap kegiatan ini menjadi wadah untuk mahasiswa mendapatkan ilmu, khususnya dalam bidang riset.

“Semoga kita senantiasa menjadi kaum intelektual yang memperbaiki kesenjangan struktural dan kultural serta menjadi solusi di wiliyah posisi tatanan kritis atau tatanan sosial yang tak berkeadilan,” harapnya.

*Reporter: Azwar Anas/Editor: Andi Dela Irmawati