Ilustrasi (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa yang hidup di perantauan tentunya harus pintar-pintar menghemat pengeluaran. Kamu dituntut harus pandai mengatur keuangan perbulannya sebelum kiriman dari orangtua ada. Nah, karena itu saat berkuliah menjadi saat yang tepat untuk kamu memulai bisnis. Bukan hanya untuk menambah uang saku, memulai bisnis juga dapat menambah pengalaman. Oleh karena itu, inilah beberapa bisnis yang dapat kamu lakukan sebagai mahasiswa untuk menambah uang saku.

  1. Bisnis Pulsa Elektrik
    Selain mudah dilakukan dengan modal yang terbilang tidak besar, bisnis pulsa ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan, apabila dikelola dengan baik. Namun, bisnis pulsa elektrik bukan tanpa risiko. Sebab kamu siap dengan konsekuensi adanya utang pembayaran pulsa. Terlebih kalau pelanggan tersebut adalah kenalan atau teman. Jadi, sebelum memulai bisnis ini, perhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuk terlebih dahulu.
  2. Bisnis Online Shop
    Selanjutnya adalah online shop. Di sini mahasiswa dapat menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik, dan berbagai jenis sepatu. Ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi di dunia maya. Penjualan tidak hanya ditujukan kepada teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain di dunia maya. Ada beberapa situs jual beli yang dapat dimanfaatkan untuk menjual barang milik pribadi ataupun milik orang lain. Kalau tidak memiliki barang, Anda dapat menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship. Jadi, modal yang dibutuhkan tidak banyak, tetapi hasilnya lumayan, tergantung seberapa tekun menjalankan bisnis ini.
  3. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print
    Bisnis jasa pengetikan dan print merupakan bisnis yang menjanjikan bagi mahasiswa, terutama bagi yang tinggal/indekos di sekitar lingkungan kampus. Kuliah identik dengan berbagai macam tugas yang mesti diberikan dalam bentuk cetakan. Dibandingkan mencetak tugas sendiri, saat ini masih banyak mahasiswa yang memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan print. Alasannya dikarenakan masih banyak mahasiswa yang tidak mempunyai perangkat cetak dan tidak ada waktu untuk mengetik serta mencetak tugas tersebut.
    Untuk membuka bisnis ini, diperlukan kemampuan dalam pengetikan. Sebab biasanya pelanggan akan kembali bila hasilnya memuaskan. Cukup memiliki laptop/komputer dan printer sebagai modal utama. Untuk menghemat biaya, kamu bisa membeli perangkat bekas yang masih bagus dengan harga yang lebih murah.

*Andi Tenri Abeng