Foto bersama setelah berlangsungnya Seminar. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) terpadu angkatan XIX Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar seminar anti hoax. Berlangsung di Desa Palece, Kecamatan Limboro, Polewali Mandar, Kamis (21/11).

Mengusung tema ‘Saring Sebelum Sharing’. Koordinator Desa, Fachrum Firdaus mengatakan tujuan kegiatan ini untuk membentuk generasi muda , agar mempunyai kecerdesaan literasi digital yang tinggi. Sehingga tidak mudah dipengaruhi oleh berita-berita¬†hoax.

“Sekedar pemberian pemahaman bagi masyarakat di desa tentang bahayanya berita hoax, dan cara mencerna berita yang belum pasti kebenarannya,” katanya.

Ia melanjutkan, kegiatan ini bekerja sama dengan Komunitas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Seminar ini diikuti oleh 60 peserta.

“Targetnya siswa dan pemuda, pemudi desa Palece,” lanjutnya.

Ia berharap, masyarakat terutama anak muda tidak gampang terkena hoax. Mereka lebih bisa memilah-milah mana informasi yang harus mereka ambil dan shere, serta sebaliknya.

“Lebih paham apa itu hoax, dan tidak mudah percaya tentang informasi yang sering beredar di lingkungan masyarakat khususnya di desa Palece,” harapnya.(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia