PROFESI-UNM.COM – Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia II (NARASI II) kembali digelar oleh Himpunan Mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HimaprodiI PBSI), Dewan Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (DEMA JBSI) Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Universitas Negeri Makassar (UNM) di lantai II Ballroom B Gedung Menara Pinisi, Sabtu (16/11).

Lewat narasi HIMAPRODI PBSI mengenalkan letarasi budaya kepada kaum milenial dan era 4.0 pada saat zaman sekarang ini. Sutrisna Wibawa selaku Rektor UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Guru Besar Filsafat Bahasa Jawa. Mencetuskan slogan dari bahasa yakni “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing’.

Menurutnya fenomena bahasa dalam media sosial dinilai efektif karena media sosial dapat digunakan sebagai pengembang literasi budaya kita. Pria kelahiran 1959 ini juga mengatakan bahwa literasi bisa dimaknai sebagai cara membaca dan menulis untuk interaksi sosial.

“Literasi dapat diartikan sebagai cara membaca dan menulis yg dilakukan melalui interaksi sosial yg bermakna, karena literasi yang berkembang sekarang adalah data dan teknologi, yang didalamnya terdapat literasi kemanusiaan” pungkasnya.

Tambahnya, ia pun juga mengatakan Ada 3 penguasa dunia yaitu generasi X, Y, dan Z maka dari itu media sosial dapat difungsikan untuk alat pengembangan literasi budaya.

“Media sosial dapat digunakan sebagai alat pengembangan literasi budaya, karena generasi milenial merupakan generasi yang dekat dengan media sosial,” katanya

*Reporter: Nurul Qamariah / Editor: Dewan Ghiyats Yan Galistan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0