PROFESI-UNM.COM – Kompetisi Debat Ekonomi Nasional merupakan program kerja dari Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia (IMAPESI) yang pada tahun ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan ini berlangsung di Ballroom Menara Pinisi, Jumat hingga Minggu (16/11).

Sebanyak delapan tim yang berhasil melalui tahap seleksi didatangkan dari berbagai universitas seluruh indonesia, untuk beradu argumentasi dan gagasan dalam beberapa mosi debat yang disodorkan panitia. Antusiasme peserta tergambarkan dari raut wajah mereka saat tampil sebagai tim pro maupun kontra.

Salah satu peserta yang berasal dari Universitas Sebelas Maret, Elviana Putri Utami mengaku telah mempersiapkan dengan matang materi debatnya jauh hari sebelum ia dan rekan-rekannya menginjak Kota Daeng ini. Hasil kerja kerasnya hampir mencapai ‘orgasme’. Timnya dinobatkan menjadi salah satu yang akan maju ke babak final beradu dengan tim dari kampus sebelah, Universitas Hasanuddin.

Ia berharap mampu memberikan penampilan terbaiknya di babak final demi mengharumkan nama almamater. “Pokoknya kami akan tampilkan yang terbaik di babak final nanti, mbak” ujar mahasiswi semester tiga ini.

Di sisi lain, Ketua Panitia Farhan Burhanuddin mengaku akan mengupayakan pelayanan maksimal kepada seluruh peserta yang hadir, agar dapat memberikan kesan yang terbaik terhadap kegiatan ini, mengingat ini adalah kegiatan pertama yang bertaraf nasional dilaksanakan HMPS Pend. Ekonomi FE UNM. “Kami upayakan kegiatan berjalan lancar sampai hari terakhir mudah-mudahan tidak ada kendala,” ucap mahasiswa berkumis ini.

Baca juga:

Ciptakan Semangat Menuju Kejayaan, HMPS AB Gelar Upgrading dan Kajian konstitusi

Lima Mahasiswa UNM Ikut Lomba Inovasi Nasional di UNY

HMPS Pendidikan IPS FIS UNM Peringati Insting Melalui Panggung Ekspresi

Selain dua kampus diatas, kampus lain yang juga turut berkontribusi pada Debat Nasional kali ini adalah Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Jember, Universitas Mulawarman, Universitas Halu Oleo, dan Universitas Negeri Padang.

Lanjut, Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kompetensi debat ekonomi (Kodesi), ekonomi kuis kompetisi (Ekuisi), dan proposal bisnis (Probis) untuk tingkat SMA sederajat se-Sulawesi Selatan. (*)

*Reporter: St Reski Amalia