PROFESI-UNM.COM – Kelompok Bidang Kajian (KBK) Fisika Bumi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kuliah Lapang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai metode geofisika yang meliputi Geolistrik dan Geomagnet. Kegiatan ini diadakan di Taman Purbakala Sumpang Bita Kab. Pangkep. 15-17 November 2019.

Ketua panitia, Rihan Muhammad Alghifari mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan metode geofisika sekaligus refresing. Kegiatan ini didampingi oleh Dosen pengampu mata kuliah Metode Fisika yaitu Pariabti Palloan.

“Nah output dari semua rangkaian kegiatan ini berupa laporan hasil” kata mahasiswa angkatan 2017 ini.

Mahasiswa asal Polewali Mandar ini berharap agar dengan adanya kegiatan ini mahasiswa jurusan fisika FMIPA unm dapat lebih memahami metode geofisika.

“Dengan adanya kegiatan ini semoga mahasiswa jurusan fisika lebih memahami metode geofisika. Terutama pada pengembangan softskill Geolistrik dan Geomagnet sebagai mahasiswa KBK Fisika Bumi” harapnya

Kuliah lapang ini diikuti oleh mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA UNM angkatan 2017, 2018, dan 2019. Adapun materi yang dibawakan berupa pengantar metode geofisika, metode geolistrik, dan metode geomagnet. Sedangkan untuk praktek lapangan berupa Geomagnet, geolistrik konfigurasi wenner, dan geolistrik konfigurasi geolistrik.

*Reporter: Nany Khadijah