PROFESI-UNM.COM – Lima mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) mengikuti Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM). Kegiatan inipun berlangsung di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dari 14 hingga 16 November, besok. Mereka adalah Humairah, Amar Ma’ruf, Wa Ode Rahmawati, Harun dan Gita Senja Sari.

Ketua tim, Amar Ma’ruf menjelaskan awal mula ia bisa menjadi perwakilan kampus oemar bakri ini untuk mengikuti lomba yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa). Ia juga mengaku senang karena mendapat kesempatan mewakili UNM, selain itu ia berambisi untuk berkontribusi dalam masa depan dunia digital Indonesia.

“Saya dan tim merasa bangga dan senang bisa mewakili UNM. Semoga juga kompetisi ini bisa bermanfaat bagi masa depan kami dan juga masa depan dunia digital Indonesia,” ceritanya.

Mahasiswa angkatan 2017 ini menambahkan, dirinya dan tim tidak menyangka akan lolos pada babak final karena banyak tahap seleksi yang harus dilalui sebelum lulus ke tahap final. Adapun tahap seleksi yaitu, diantaranya:

  1. Persyaratan Peserta:
    a. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (http://forlap.dikti.go.id).
    b. Peserta adalah mahasiswa aktif yang terdaftar pada perguruan tinggi dan terdaftar pada pada laman PD DIKTi (http://forlap.dikti.go.id) pada saat dilakukan pendaftaran tim peserta.
    c. Peserta adalah mahasiswa Program D3 (maksimal semester 6) atau D4/S1 (maksimal semester 8) pada Babak Final LIDM berlangsung.
    d. 1 Tim terdiri dari 2 – 4 orang mahasiswa.
  2. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesusai Buku Panduan edisi mutakhir pada setiap kompetisi tahunan.
  3. Untuk lomba berbasis karya kreasi, karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA dan plagiarisme, serta belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lain.
  4. Presentasi karya inovasi pada babak final dimungkinkan terbuka (dihadiri oleh peserta lain). Keluar-masuk penonton hanya diijinkan pada saat pergantian tim presentasi.

Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) ini mendorong Education 4.0, Sustainable Development Goals (SDGs) dan penghormatan Gender dalam kehidupan perguruan tinggi di Indonesia, khusunya kalangan para mahasiswa dan dosen.

Lingkup LIDM meliputi empat divisi lomba yang mewakili sejumlah solusi penting untuk menhadapi tantangan education yang ditujukan bagi pembinaan generasi milenial

*Rara Astuti