Menara Pinisi UNM (Foto: Dok - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar (FIS UNM) berhasil meraih akreditasi A. Hal ini ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan perolehan nilai sebanyak 375 poin. Rabu, (9/10).

Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah dan IPS, Rasyid mengatakan, tahap untuk mendapat akreditasi A ini dimulai dari penyusunan borang pada bulan februari. Setelahnya pada bulan april, borang dikirim ke Jakarta lalu tim visitasi dari pusat datang untuk menilai pada tanggal 30 september. Akreditasinya secara resmi keluar pada tanggal 9 Oktober 2019.

“Kita mau tingkatkan ke akreditasi Asia Tenggara karena sudah unggul kita kerja-kerja sesuai peringkat akreditasi A yang lain harus mengikut baik itu pembelajaran, akademik, kemahasiswaan dan semua hal lainnya,” katanya

Lanjut, Ia berharap juga mampu bekerjasama dengan negara-negara luar, karena Jurusan Pendidikan Sejarah dan IPS terbagi lagi atas dua prodi yaitu Pendidikan Sejarah dan Pendidikan IPS. Sehingga membutuhkan banyak kerja sama.

“Target kita 5 tahun kedepan kalau bisa itu mampu bekerjasama dengan dengan Malaysia, Brunei Darussalam untuk sejarah yah,” harapnya.

*Reporter: Elfira