PROFESI-UNM.COM – Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) kembali digelar tahun ini, materi yang disajikan kali ini adalah Layout dan Design Grafis yang dibawakan oleh Supriadi. Kegiatan ini digelar di Balai Diklat Masyarakat dan Desa, di jl. Andi Jemma, Rappocini, kota Makassar, Jumat (1/11).

Supriadi yang juga merupakan wartawan Harian Sindo mengatakan bahwa ada beberapa prinsip yang berhubungan dengan layout yaitu memudahkan orang untuk memahami sebuah informasi yang dibuat melalui sebuah ilustrasi atau gambar.

“Menjadi seorang layouter harus tahu cara memberikan informasi kepada orang lain dengan melalui desaign atau gambar,” pungkasnya.

Pria asal Enrekang ini juga menuturkan bahwa dalam bekerja yang nyaman itu disalurkan dengan hobi. “Pekerjaan yang baik bukanlah yang menghasilkan tapi pekerjaan dengan menyalurkan hobi masing-masing,” katanya.

Ia menambahkan, menjadi layouter tidak memiliki batasan dalam membuat sebuah karya, “Tidak ada batasan menjadi seorang desaign grafis dan layout selama dia memiliki ide dan kreativitas, tegasnya.

*Reporter: Dewan Ghiyats Yan Galistan