Wakil Rektor Bidang Akademik, Muharram buka DJMTD 2019 di Balao Diklat Desa - Foto: Dela - profesi

PROFESI-UNM.COM – Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2019 yang digelar oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dibuka hari ini, Kamis (31/10).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I), Muharram di Balai Diklat Desa, Kota Makassar, di Jalan Andi Djemma, Makassar, Sulsel.

Muharram mengapresiasi DJMTD LPM Profesi 2019 karena melatih anak muda untuk menjadi jurnalis.

“Kegiatan ini bagus karena melatih mahasiswa, menganalisis kemudian memberitakan kepada warga kampus,” katanya.

Muharram juga mengajak kepada pengurus LPM Profesi UNM untuk bersinergi membangun kampus.

“Kami meminta Profesi untuk memberitakan kampus yang bagus-bagus, karena ada banyak prestasi yang perlu mahasiswa tahu,” katanya.

Baca Juga:

Ex Jurnalis Tempo Abdul Rahman Ungkap Tantangan Pers Mahasiswa di DJMTD 2019 Profesi UNM

Profesi UNM, Sejarah Panjang Pencetak Jurnalis Top di Makassar

BEM UNM Kampanyekan Lawan OLigarki di Aksi Sumpah Pemuda

Sementara itu, Pembina LPM Profesi UNM, Fachruddin Palapa, mengatakan Profesi UNM harus bisa berkembang lebih lagi,

“Kita sudah harus masuk ke media digital dan Profesi harus menuju ke situ,” katanya.

Pemimpin Umum LPM Profesi UNM, Wahyudin Thamrin menyampaikan produk LPM Profesi sudah ada tabloid, radio Profesi 107,9 FM, portal berita profesi-unm.com, dan Profesi TV via Youtube.

“Sehingga, teman-teman bisa mengambil bagian dari platform Profesi UNM. Anda yang mau jadi penulis bisa melalui tabloid dan portal Profesi-unm.com. Anda yang berminat jadi penyiar bisa di Profesi FM dan Profesi TV,” katanya.

Ketua Panitia, Fikri Rahmat Utama mengatakan DJMTD ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh LPM Profesi untuk merekrut anggota baru. Dalam kegiatan ini, peserta akan diberikan pembekalan materi seputar jurnalistik yang selanjutnya juga akan dipraktekkan langsung oleh peserta.

Adapun materinya yakni, Sejarah Pers Mahasiswa, Mengenal Dunia Jurnalistik, Konvergensi Media, Perencanaan Peliputan dan Teknik Wawancara, Teknik Menulis Berita, Foto dan Video Jurnalistik, Manajemen Media Sosial/ Podcast, serta Layout dan Desain Grafis. Materi tersebut akan dibawakan oleh delapan orang jurnalis dari berbagai media di Makassar.

“Beberapa praktisi media seperti dari Tribun Timur, Tempo, Fajar, Bisnis Indonesia akan menjadi pemateri,” ujar Fikri.

Selain pembekalan materi jurnalistik, terdapat lima item kegiatan pada DJMTD 2019 ini. Item kegiatan tersebut meliputi, praktek wawancara dan menulis berita, hunting foto dan video jurnalistik, kunjungan media broadcasting, radio dan TV, investigasi, dan widyawisata ke Malino.

Lebih lanjut, Fikri mengatakan DJMTD merupakan tahap awal yang harus dilakukan mahasiswa sebelum bergabung menjadi anggota baru di LPM Profesi UNM. Menurutnya, untuk ke tahap perekrutan selanjutnya peserta terlebih dahulu harus mengetahui dasar-dasar jurnalistik.


“Mereka harus punya bekal untuk menjadi jurnalis kampus yang idealis,” ujarnya.


Acara pembukaan DJMTD 2019 ini dimeriahkan oleh penampilan Sulapa Appa. Sebanyak 105 peserta dari berbagai jurusan di UNM yang mengikuti kegiatan ini. Peserta merupakan angkatan 2018 dan 2019. (*)

Lihat video Bincang DJMTD 2019 via Profesi TV:

Like dan Follow instagram Profesi UNM

View this post on Instagram

Hallo sobat Profesi ? Salam Pers Mahasiswa! Bapak Akbar Faizal, Anggota DPR RI mengajak kalian semua mahasiswa UNM untuk mengikuti Diklat Jurnalistik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) 2019 LPM Profesi UNM. DJMTD ini merupakan tahap awal perekrutan anggota baru LPM Profesi UNM. Jadi, bagi kalian yang tertantang jadi jurnalis kampus, mari bergabung bersama kami di LPM Profesi UNM. Kalian nantinya bakal menerima materi seputar jurnalistik dari jurnalis-jurnalis yang ahli di bidangnya masing-masing. Di sini kalian juga akan merasakan serunya jadi reporter, penyiar, layouter, fotografer, videografer, dan webmaster. Sebagai penutup kalian juga akan diajak widyawisata ke luar kota. Jadi, tunggu apa lagi? Buruan daftarkan dirimu di DJMTD 2019 LPM Profesi UNM. Caranya gampang, tinggal klik link di bio kami untuk mengisi formulir onlinenya. Pesertanya terbatas yah, jangan sampai ketinggalan, karena tanpa anda kami belum lengkap. Informasi lebih lanjut kalian bisa menghubungi: – Ratu Fhatonah Amalia (085205403994) – Andi Tenri Abeng (082188347048) – Aulia Ayu Aprilia Zabir (082290043691)

A post shared by LPM Profesi UNM (@profesiunm) on

*Reporter: Andi Dela Irmawati