Rektor UNM, Husain Syam saat memberi sambutan pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pelataran Menara Pinisi, Senin (28/10) - (Foto: Ilham - Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Sivitas Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan upacara peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-91 menggunakan pakaian adat. Upacara tersebut berlangsung di Pelataran Menara Pinisi, Senin (28/10).

Upacara tersebut dipimpin langsung Rektor UNM, Husain Syam. Dalam pidatonya, ia menyampaikan sambutan dari surat edaran Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Peringatan hari Sumpah pPmuda ke-91 ini mengangkat tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Husain saat membaca teks sambutan pidato hari Sumpah Pemuda yang diedarkan oleh Kemenpora.

Tema tersebut sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.

“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif, serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” katanya.

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

“Akhirnya, saya ucapkan selamat hari Sumpah Pemuda ke-91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa, dan jasa para pahlawan kita,” tutupnya. (*)

*Reporter: Muh. Ilham Akbar