PROFESI-UNM.COM – Dua orang dosen Universitas Negeri Makassar (UNM), Hasanah dan Muhammad Nasir Malik menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMK Kartika XX-1, Makassar.

Hasanah menjelaskan PKM ini bertujuan untuk melatih Guru-Guru SMK Kartika XX-1 Makassar dalam merancang skenario dan strategi pembelajaran yang mengacu pada keterampilan abad 21.

“Perkembangan dunia abad 21 ditandai dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala segi kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran,” jelasnya, Senin (14/10).

Apalagi kata Hasanah, dunia kerja sekarang ini sangat menuntut pada perubahan kompetensi yang mengacu pada kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi menjadi kompetensi penting dalam memasuki kehidupan abad 21.

“Sekolah dituntut mampu menyiapkan peserta didik memasuki abad 21,” katanya.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru tersebut di antaranya melatih mitra dengan metode ceramah dan tanya jawab untuk memahami konsep pembelajaran abad 21, melatih mitra merancang scenario Pembelajaran abad 21, melatih mitra dengan metode latihan menyusun RPP berbasis keterampilan abad 21. (*)

*Reporter: Rara Astuti