PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi membuka acara kompetensi tahunan, Geometri 2019. Acara ini berlangsung di Panggung FMIPA Kampus UNM Parang Tambung, Sabtu (12/10).

Acara pembukaan dimeriahkan dengan penampilan Angngaru, tari Paduppa, penampilan paduan suara, pembacaan puisi, dan penampilan tari 5 etnis. Geometri 2019 kali ini dibuka oleh perwakilan Gubernur Sulawesi Selatan, Suherman yang ditandai dengan pemukulan gong. Suherman memiliki harapan besar kepada para peserta yang mengikuti kompetisi tahun ini.

“Pada kegiatan ini, diharapkan peserta dapat berlatih dan terbiasa untuk meningkatkan daya nalar dan kreatifitas serta mengaplikasikan dalam bidang pendidikan,” ujarnya.

Selain Suherman, turut pula hadir perwakilan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Firdaus. Ia berharap semoga kegiatan GEOMETRI 2019 ini mempunyai manfaat untuk pendidikan di Sulawesi Selatan.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa bermanfaat besar untuk pendidikan di sulsel kita ini,” tuturnya.

Sebagai informasi, jumlah peserta GEOMETRI tahun ini mencapai ratusan siswa dari sekolah-sekolah di berbagai daerah di Indonesia Timur. Jenis lomba yang ada di kegiatan ini diantaranya, Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM) individu dan grup tingkat SD, SMP, dan SMA, serta lomba DIGIT (D’1st Grade In Mathematics) tingkat SD, SMP, dan SMA,
Selain perlombaan, ada pula pameran media pembelajaran untuk para peserta yang hadir, dan juga ada forum diskusi bagi para pendamping peserta yang mengikuti kegiatan GEOMETRI ini.

Ketua panitia, Erjun D berharap semoga kegiatan ini bisa sukses sampai akhir penutupan nanti. “Semoga GEOMETRI 2019 bisa sukses sampai di akhir, aamiin,” ujar mahasiswa asal Pinrang itu.

*Aulia Ayu Aprilia Zabir