PROFESI-UNM.COM – Program Studi (Prodi) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar pelepasan mahasiswa prakter kerja sosial. Praktek ini digelar di Kantor Dinas Sosial, Kota Makassar. Kamis (10/10). Sebanyak 50 orang mahasiswa dari Prodi Sosiologi dilepas dan diserahterimakan ke Dinas Sosial Kota Makassar.

Pelepasan ini diantar langsung oleh Ketua Prodi Sosiologi FIS UNM Idham Irwansyah Idrus, didampingi dosen pengampuh mata kuliah, Bapak Mario dan diterima langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Bapak Mukhtar Tahir.

Ketua Prodi, Idham Irwansyah mengatakan Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoA yang ditandatangani tahun 2018 antara Prodi Sosiologi FIS UNM dengan Dinas Sosial Kota Makassar. Di mana salah satu bentuk kesepakatannya adalah pelaksanaan Praktek Kerja Sosial (PKS) bagi mahasiswa pada Dinsos Kota Makassar.

“Pada kesempatan ini diserahkan Surat Izin beserta daftar nama mahasiswa peserta Praktek Kerja Sosial dari Prodi Sosiologi kepada Dinas Sosial Kota Makassar,” katanya.

Khusus PKS tahun ini, mahasiswa akan melaksanakan kegiatan pendampingan pada kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) selama lebih kurang dua bulan. Mahasiswa yang telah dibekali ilmu pengetahuan berupa teori-teori sosial, akan turun langsung mendampingi PMKS dengan harapan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam mengungkap latar masalah kelompok PMKS dan diharapkan pula dapat menghasilkan karya ilmiah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan persoalan PMKS tersebut.

Pelaksanaan PKS pada Dinas Sosial Kota Makassar merupakan tahun ke-2 program kerjasama yang dicanangkan dengan Prodi Sosiologi FIS UNM disambut baik oleh H. Mukhtar. Terkhusus sasaran Praktek yaitu kelompok PMKS, maka saat ini terdapat 26 kelompok yang tergolong PMKS, antara lain Balita terlantar, korban NAPZA, korban bencana, perempuan rawan sosial ekonomi, bahkan sampai Manula terlantar.

Mahasiswa 2016 sosiologi, Arisnawawi berharap semoga pelaksanaan PKS berlangsung dengan baik dan bisa menghasilkan inovasi yang dapat diimplementasikan oleh Dinas Sosial Kota Makassar dalam meminimalisir kelompok PMKS di Kota Makassar.

*Reporter: Nur Fazila