Rektor UNM saat membuka Pelatihan Konselor Sebaya- (Foto : Ist)

PROFESI-UNM.COM– Unit Pelayanan Teknis (UPT) layanan Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pelatihan Konselor Sebaya. Mengangkat tema “Jadikan Masalah Sebagai Sahabat Untuk Sukses”, kegiatan ini berlangsung di Ballroom Lantai 2 Menara Phinisi, Jumat hingga minggu (4-6/10).

Abdullah Sinring, Ketua panitia yang sekaligus Kepala UPT BK mengatakan, tujuan dari pelatihan ini yakni untuk memberikan bekal kepada mahasiswa yang terpilih menjadi konselor kepada teman sebayanya di masing-masing Program Studi yang mengalami masalah dan hambatan dalam pengembangan pribadinya.

“Mereka yang berhasil menjadi konselor bagi teman sebayanya akan diberikan bekal bagaimana menangani masalah yang muncul,” katanya

Sementara itu, Rektor UNM, Husyain syam sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya mengatakan, UPT BK yang telah membentuk tim konselor untuk program layanan bimbingan dan konseling ini sangat bagus, karena dapat mengasah jiwa pengabdian konselor dan memunculkan nilai tambah dalam melayani masyarakat nantinya.

“Ini menjadi wadah bagi kalian sebagai mahasiswa untuk melakukan kerja kemanusiaan dengan memberikan arti kepada orang lain dengan memberikan solusi atas masalahnya,” katanya.

Lebih lanjut, Guru besar Teknologi Pertanian ini berharap bagi mahasiswa yang mengikuti pelatihan tim konselor ini bisa mendapatkan bekal softskill yang bisa membantu dalam melakukan proses konseling terhadap teman sebayanya.

“Semoga kalian yang sebagai konselor terpilih dalam mengikuti kegiatan ini bisa melakukan proses konseling terhadap teman sebaya,” tutupnya.


*Reporter : Arwinda Al Muntaz