Mahasiswa FIP UNM saat foto bersama dengan guru besar UM : (Fot- Ist)

PROFESI-UNM.COM– Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi salah satu universitas yang hadir dalam temu karya forum Pertemuan Ilmiah Fakultas Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) se- Indonesia. Pertemuan ilmiah ini berlangsung di The Singhasari Resort & Convention Batu pada tanggal 2-5 Oktober.

Dalam forum tersebut terdapat beberapa lomba tingkat nasional, diantaranya (1) Lomba Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, (2) Lomba Penelitian Bidang Pendidikan, (3) Lomba Penulisan Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis (GT) Pendidikan, (4) Lomba karya Kreasi Seni, dan (5) Lomba Website BEM-Senat Fakultas. UNM berhasil membawa dua medali dalam ajang ini, salah satunya yaitu Lomba Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran.

FIP JIP merupakan forum dua tahunan. Tahun 2019, acara ini didukung oleh 12 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) negeri penghasil calon guru yaitu UNNES (Semarang), UNY (Yogyakarta), UPI (Bandung), UM (Malang), Unesa (Surabaya), Unimed (Medan), UNG (Gorontalo), UNM (Makasar), Undhiksha (Bali), UNP (Padang), Unima (Manado), dan UNJ (Jakarta). Selain itu juga Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan  (FKIP) pada perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia.

Salah satu anggota tim peraih medali, Fathiyah mengatakan bahwa forum ini merupakan forum besar yang menampung banyak gagasan dan pemikiran dari para akademisi LPTK se-Indonesia. Selain itu, mempererat kerjasama dan komunikasi Fakultas Ilmu Pendidikan dan jurusan-jurusan kependidikan di perguruan tinggi kependidikan se-Indonesia.
“Salah satu forum yang dinantikan oleh seluruh perguruan tinggi kependidikan di Indonesia,” ujarnya.

Karya yang berhasil membuat Fathiyah beserta timnya menambahkan prestasi UNM di kancah nasional yakni permainan scrabble yang dimodifikasi dan dihubungkan ke smartphone. Lewat karya tersebut, mahasiswa PGSD angkatan 2018 itu merasa senang dan bahagia.
“Senang dan bangga dengan dosen-dosen FIP yang selalu setia menemani mahasiswanya,” tambahnya.


*Reporter: Aulia ayu aprilia zabir