Foto saat perlombaan berlangsung. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Tim Robotron Unversitas Negeri Makassar (UNM) raih juara 3 dalam Celebes Robot Contest yang diadakan oleh Universitas Hasanuddin (Unhas). Kegiatan ini berlangsung di GOR Unhas selama dua hari, Sabtu-Minggu (28-29/9).

Ketua Tim Robotron, Nurhayyun Dahri mengatakan pada kompetisi kali ini mereka mengirim tiga tim, namun hanya satu yang lolos sampai tahap tiga besar dan meraih juara tiga. Dalam kompetisi ini ada dua jenis robot yang diperlombakan, yakni Transporter dan Switcher.

“Untuk transporter itu menggunakan kontroler atau biasa disebut robot manual, sementara untuk switcher dia robot otomatis menggunakan sonsor cahaya,” katanya.

Ia melanjutkan, mereka melakukan persiapan sekitar satu bulan untuk mengikuti perlombaan ini. “Sekitar satu bulan persiapannya,” lanjutnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, ketua tim yang meraih juara, Khairul Amal mengungkapkan rasa bahagianya karena mampu meraih juara. “Sungguh sangat senang karna mampu bersaing dengan Universitas lain, walaupun belum mampu jadi no. 1 tapi untuk sekarang mungkin itulah yang terbaik untuk team saya,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, sistem penilaian yang digunakan yaitu skor dan gugur. Untuk sistem skor sendiri digunakan hingga delapan besar, sementara sistem gugur digunakan untuk babak penentu juara mulai dari empat besar.

Pada sistem poin sendiri diberikan ketika robot mampu melewati cek poin dan memindahkan pipa ke tempat yang sudah ditentukan oleh panitia. Namun, apabila robot melakukan penalti maka poin akan dikurang lima.

Sementara untuk sistem gugur sendiri, yaitu robot yang sudah memasuki babak empat besar. Di sini robot akan diadu kecepatannya dalam menyelesaikan tugas, yang tercepatlah yang menjadi pemenang. Namun, bila tidak ada robot yang mampu sampai hingga finish pada jangka waktu yang ditentukan, maka pemenang akan dilihat dari pemilik skor tertinggi.

“Sistem penilaiannya pake skor sampai 8 besar, terus 4 besar sampai final penilaiannya itu sistem gugur,” lanjutnya.

Nurhayyun Dahri, untuk semua timnya bisa menjaga kekompakan,tidak pernah bosan dengan hasil saat ini dan selalu membanggakan kampus Oemar Bakhri ini. “Semoga seluruh tim dapat menjaga kekompakan, terus  berprestasi dan dapat terus mengharumkan nama UNM,” harapnya.

Adapun nama tim yang berhasil meraih juara, yaitu:
Khairul Amal, angkatan 2018
Fachrain Azis, angkatan 2018
Meutia Hamsatunnisa, angkatan 2016(*)

*Reporter: Ratu Fathonah Amalia