Penerimaan materi DJMTD 2019 LPM Profesi UNM-Foto: Dok Profesi

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tertua di UNM. Lembaga ini bergerak di bidang jurnalistik diantaranya reporter, penyiar, presenter (news anchor), fotografer, videografer, layouter dan webmaster.

Mencari berita, mengolah dan menginformasikan kepada seluruh sivitas akademika adalah tugas utama LPM Profesi UNM.

Dengan adanya lembaga ini, seluruh informasi di kampus pencetak guru ini bisa tersalurkan dengan baik. Berikut beberapa kelebihan bakal kamu dapatkan di lembaga kuli tinta ini.

1.Melatih kemampuan menulis

Menjadi seorang jurnalis tentu tak lepas dari persoalan menulis. Informasi yang disuguhkan media dimulai dari pengumpulan data yang dilakukan oleh reporter hingga dikemas dalam bentuk tulisan. Bergelut dengan liputan menjadi santapan para buruh tinta, secara langsung kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menulis. Bahkan untuk mengerjakan tugas kuliah pun kalian akan merasa mudah.

2. Melatih kemampuan berbicara

Bukan wartawan namanya jika tak piawai berbicara. Dalam proses pengumpulan informasi kalian akan melakukan wawancara dengan narasumber. Melalui proses wawancara kamu dituntut untuk mengulik informasi sedalam-dalamnya dari narasumber dengan berbagai latar belakang, mulai dari mahasiswa, pejabat kampus hingga rektor. Disinilah kemampuan berbicara kalian akan terlatih.

3. Menggugah keberanian wartawan tidak hidup di zona nyaman.

Ada berbagai hal tak terduga yang harus ia hadapi. Liputan misalnya, kalian tak hanya akan meliput kegiatan-kegiatan kampus yang terencana dan formal tetapi juga meliput kegiatan yang tak terencana dan nonformal, seperti aksi demonstrasi, bentrok, kebakaran dan sebagainya.

4. Pelatihan rutin mingguan

Sebagai mahasiswa yang masih awam dengan dunia jurnalistik, tentunya belum mengetahui teknik menulis berita. LPM Profesi akan menghadirkan pemateri yang bergelut di media setiap minggu untuk memberikan in house training di Redaksi. Sehingga dengan adanya training setiap minggu dibarengi praktik liputan setiap hari membuat kalian bisa menjadi jurnalis kampus dengan cepat.

5. Banyak link (relasi)

Selain meliput dan menulis berita, dengan status wartawan kampus, kalian akan memiliki banyak link baik di lingkup UNM maupun diluar. Hal ini dikarenakan kalian sering mencari informasi dan meliput di semua tempat dan kalangan. Mulai dari mahasiswa, dosen, pejabat kampus, artis, bahkan presiden hingga menterinya pun kalian bisa berwawancara langsung jika mereka bertandang ke UNM.

6. Kunjungan media

Salah satu agenda rutin LPM Profesi adalah melakukan kunjungan di beberapa media di Makassar baik media cetak, online maupun broadcasting. Hal ini untuk memperluas serta menambah pengetahuan pengelola seputar jurnalistik.

7. Diklat di luar Sulawesi

Untuk menambah skill dan pengetahuan, kalian akan dikirim untuk belajar, berkenalan, dan berdiskusi dengan pengurus pers mahasiswa se Indonesia. LPM Profesi memberikan kesempatan bagi kamu untuk bersaing di lingkup yang lebih luas.

8. Melatih kesabaran

Wartawan kampus tak lepas dari mengejar-ngejar narasumber. Narasumber yang sibuk seperti rektor dan wakil-wakilnya tak jarang membuat kita menunggu lama di ruang tunggunya untuk melakukan wawancara. Di sinilah kesabaran kamu dilatih.

9. Ditraktir makan dan dapat upah

Jika bergabung di LPM Profesi kalian tidak perlu khawatir kehabisan makanan di kost, karna Redaksi (Sekretariat LPM Profesi siap menanggung makan siang dan malam kalian. Salah satu kegiatan rutin LPM Profesi juga adalah mentraktir anggotanya seusai liputan dan setelah membagikan tabloid yang terbit tiap bulan. Selain itu bagi kalian yang mampu mencari iklan untuk dipasang di tabloid, kalian tentunya akan diberi upah dari biaya pemasangan iklan tersebut.

10. Jalan-jalan gratis

LPM Profesi UNM dalam melakukan rapat-rapat besar seperti pleno, rapat kerja dan musyawarah kerja selalu melibatkan unsur-unsur liburan di dalamnya. Sehingga rapat-rapat tersebut biasanya dilakukan di luar kota Makassar. Dari Maros, Gowa hingga ke Bulukumba, LPM Profesi dengan mengendarai bus bersama-sama menuju tempat liburan dan tentunya tanpa pungut biaya apapun dari anggotanya.

Jadi, tunggu apalagi? LPM Profesi UNM tempat kamu belajar, wadah kamu menghimpun pengetahuan dan pengalaman, pers mahasiswa pencetus jurnalis handal. LPM Profesi membuka pendaftaran bagi kamu yang ingin bergabung menjadi wartawan kampus.

Pendaftaran telah dibuka hingga 23 Oktober mendatang. Info selengkapnya silahkan hubungi Ratu Fhatonah Amalia (085205403994), Andi Tenri Abeng (082188347048), ataupun Aulia Ayu Aprilia Zabir (082290043691). (*)

*Reporter: Andi Dela Irmawati