Sosialisasi Keaksaraan Dasar di Desa Opo Kabupaten Bone oleh mahasiswa PLS FIP UNM, Kamis (26/9). (Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan sosialisasi keaksaraan dasar. Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Opo Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone, Kamis (26/9).

Ketua panitia, Taufik Saputra menuturkan diadakannya kegiatan tersebut sebagai bentuk pendekatan masyarakat setempat agar mengikuti program pemberantasan buta aksara. Ia menjelaskan kemampuan baca tulis hitung (calistung) yang didapatkan setelah mengikuti program tersebut setidaknya dapat membantu masyarakat mengurus administratif dasar.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya aksara bagi kehidupan sehari-hari. Seperti mengurus KK, KTP dan formulir lain yang bersifat administratif,” ujarnya

Sementara itu, Andi Rosmini, salah satu tokoh masyarakat di desa tersebut sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa ini. Lebih lanjut, perempuan yang kerap dipanggil Pung Mini ini, mengaku akan mendukung program-program yang dijalani mahasiswa di sana.

“Memang butuh di adakan program pemberantasan buta aksara untuk mengatasi hal tersebut. Juga saya sangat mendukung dan akan membantu program ini,” pungkasnya.

Sosialisasi keaksaraan dasar ini adalah salah satu rangkaian program pemberantasan aksara di Kabupaten Bone.

*Reporter: Muhammad Ilham Akbar. B