PROFESI-UNM.COM – Dua dosen dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FBS UNM menggelar pelatihan penggunaan Bahasa Indonesia untuk generasi milenial di Makassar. Kedua dua dosen tersebut, yakni Mahmudah dan Nurhusna.

Kegiatan itu merupakan wujud pelaksanaan pengabdian Kepada Mmasyarakat yang dilaksanakan di TK Massita, sejak 12 Agustus lalu.

“Inikan kerjasama dengan lembaga penelitian dan pengabdian UNM. Jadi, cukup memudahkan kami untuk membangun komunikasi dengan pihak sekolah. Yang membanggakan karena peserta sangat antusias,” terang Mahmudah.

Lanjut Mahmudah, pelatihan penggunaan bahasa Indonesia ditujukan kepada generasi milenial melalui klinik bahasa dengan metode tutor sebaya. Keterpilihan kota Makassar pun dianggap sebagai bentuk keprihatinannya atas fenomena penggunaan bahasa Indonesia yang semakin tergerus arus modernitas.

Kepala Sekolah TK Massita, Endriasari Prasetyaningsih, menuturkan bahwa PKM tersebut sangat bermanfaat untuk karena sebagai bentuk keprihatinan terhadap generasi milenial dalam hal memertahankan eksistensi bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

“Ini juga sebagai bentuk tindakan nyata yang disiapkan untuk menjaga jati diri bangsa Indonesia dengan memelihara bahasa Indonesia dalam berbudaya dan berbangsa,” terangnya.

Salah satu peserta kegiatan ini, Nur Salsabila Nadhifa mengaku sangat senang bisa belajar bahasa Indonesia. “Saya senang sekali. Saya belajar banyak hal tentang bahasa Indonesia. Kita diajar bagaimana bertutur, berbicara kepada orang,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Arwindah Al-Muntaz