Foto bersama dosen FE dan peserta pelatihan di Maros. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi pada aspek pengabdian, dosen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian tersebut berbentuk pelatihan usaha ekonomi produktif. Kegiatan ini berlangsung di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Selasa (17/9).

Tim PKM UNM yang diketuai oleh M. Ikhwan Maulana Haeruddin, dan beranggotakan Abdul Hakim ini Mengangkat judul “PKM Pelatihan Usaha Produktif bagi Masyarakat di Kecamatan Lau, Kabupaten Maros”.

Kegiatan ini bertujuan agar terjadi perubahan pemahaman di dalam aktifitas ekonomi yang memiliki nilai tambah dan juga produktifitas. Lebih jauh lagi, pelatihan ini menekankan adanya inovasi dan kreasi di dalam menciptakan nilai tambah dari barang-barang yang awalnya memiliki nilai ekonomi yang kurang menjadi barang-barang yang secara ekonomis dapat menambah pendapatan masyarakat.

Sejalan dengan itu, peserta pelatihan lainnya, Sitti yang kesehariannya berprofesi sebagai pemulung mengungkapkan bahwa pelatihan ini menambah pengetahuanya. Terutama tentang cara menambah nilai ekonomi suatu barang yang bahan awalnya merupakan limbah rumah tangga yang tidak bernilai apa-apa.

“Secara umum para peserta merasa puas dengan kegiatan ini dan berharap akan ada tindak lanjut dari kegiatan ini di waktu mendatang. Pelatihan ini sangat membantu saya dalam hal menambah pendapatan keluarganya,” ungkapnya

*Fikri Rahmat Utama